Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SARASEHAN BUDAYA JAWA MALAM SELASA KLIWON

Selasa, 10 Agustus 2010 Umum
SARASEHAN BUDAYA JAWA MALAM SELASA KLIWON

TEMANGGUNG, Bertempat di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung, Senin (9/8) Yayasan Study Bahasa Jawa “Kanthil” bekerjasama dengan Pemkab Temanggung menggelar Sarasehan Budaya Jawa Selasa Kliwon. Sarasehan dengan tema Budaya Jawa dan Agama Islam menghadirkan pembicara mantan ketua PGRI Dr. Sudharto, MA dengan moderator Drs. Soetrisman mantan Ketua STMIK Bina Patria Magelang. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Temanggung, pimpinan dinas/ instansi, para guru, dan segenap budayawan serta pemerhati budaya Jawa.
     Ketua YSBJ Kanthil Prof. Dr. Soetomo, We, M.Pd dalam laporannya mengatakan sarasehan diadakan malam Selasa kliwon sebab dalam kepercayaan jawa hari Selasa Kliwon adalah saat “lintang Joko Belek” atau planet Mars bertemu “Pratiwi”(bumi) yang menghasilkan  “cahyo sumunar harwaning wungu”(sinar ultra violet). Kata “wungu “ berarti melek (terjaga) sehingga menjadi lek-lek’an. Sarasehan diselenggarakan dalam rangka merasa turut handarbeni (merasa memiliki) budaya Jawa sehingga merasa harus turut melestarikannya.
     Sementara itu Bupati Temanggung Drs. H. Hasyim Afandi menyambut gembira digelarnya acara tersebut. Menurut Bupati, pendekatan budaya dan agama  masih sangat penting bahkan menjadi prioritas dalam berbagai aspek. Digelarnya acara ini juga bisa menjadi Basic non phisycal need dimana kebutuhan non fisik seperti budaya, akan terasa sangat dibutuhkan  bilamana telah hilang. Sehingga sebelum benar-benar kehilangan kita harus nguri-uri keberadaanya.
     Dalam paparan materinya Dr. Sudharto, MA mengatakan bahwa budaya Jawa meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat Jawa dengan unsure filsafat Jawa, religiusitas, bahasa dan sastra Jawa, kesenian, sejarah ,istem sosial, sistem ekonomi dan ilmu pengetahuan dan tekhnologi Jawa. Menurutnya, menjadi kewajiban kita bersama untuk menguri- uri,dan mempertahankan budaya Jawa. (Hms10/ isrofi)

Berita Terkait