Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TARKHIM PEMKAB TEMANGGUNG

Jumat, 13 Agustus 2010 Umum
INDAHNYA BULAN RAMADHAN

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung mengadakan buka puasa dan tarawih bersama di Pendopo Pengayoman, (12/8). Wakil Bupati Temanggung, Ir. H. Budiarto, MT dalam sambutannya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga puasa kali ini membawa kita menjadi insan yang lebih baik.
     Selain buka puasa dan tarawih bersama, juga diisi dengan pengajian yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Temanggung, Jamun Efendy.
     “Indahnya bulan Ramadhan bisa kita lihat dari beberapa hal. Ada 3 keindahan yang terlihat saat Ramadhan, yaitu ketika menjelang puasa masyarakat sangat antusias menyambut bulan Ramadhan. Ini ditunjukan dengan adanya tradisi nyadran,” katanya.
     Dalam tradisi nyadran ternyata banyak mengandung makna agar selalu ingat tentang kematian. Hal yang unik dalam tradisi ini adalah adanya sajian beberapa makanan yang khas seperti Kolak, Ketan dan Apem yang masing-masing mempunyai arti, yaitu kolak (Ucapan), ketan (Kesalahan), dan Apem (Mohon ampunan). Dengan kata lain tradisi Nyadran bentuk dari kesadaran  atas kesalahan yang diucapkan dan memohon ampunan.
    Keindahan kedua, dengan adanya fenomena baik yang terjadi di masyarakat. Misalnya semua umat islam menjalankan puasa tanpa memandang seberapa besar keimanannya. Bulan pembakaran dosa yang telah dilakukan selama 11 bulan dan Ramadhan adalah bulan penuh berkah.
     Ramadhan bisa mengajak semua umat muslim berbondong-bondong datang ke masjid untuk berjamaah. Serta adanya kebersamaan di dalam keluarga karena bisa buka dan sahur bersama.
     Effendi mengingatkan agar kita jangan sampai meninggalkan waktu untuk beribadah, membaca Al-Quran, beramal sholeh dan sholat taraweh.
    Dalam acara tersebut, Pemkab Temanggung menyerahkan uang infak dari PNS h Temanggung sebesar   51 Juta Rupiah yang diserahkan oleh Wakil Bupati Temanggung kepada Badan Amal Zakat Kabupaten Temanggung, Drs. HM. Setyo Adji, MM.
     Acara dihadiri oleh para Muspida, pimpinan SKPD, Camat, Lurah, Tokoh agama, Tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya (Hms10/des)


Berita Terkait