Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TARKHIM PUTARAN KE 16

Rabu, 01 September 2010 Umum
MANUSIA SAMA DERAJADNYA

TEMANGGUNG, Tarawih dan silaturahmi (tarkhim) putaran ke – 16 Bupati Temanggung beserta jajarannya berlangsung di Masjid Baitul Makmur Desa Gejagan Kecamatan Ngadirejo, Selasa (31/8) lalu. Acara yang sama masih akan berlangsung lima hari lagi di beberapa kecamatan. Tarkhim akan berakhir di Desa Samiranan Kecamatan Kandangan Senin mendatang. Selain dihadiri Muspida, acara juga diikuti para pejabat di lingkungan Pemkab Temanggung.
     Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi dalam kesempatan itu mengutarakan, manusia pada dasarnya memiliki derajat yang sama di hadapan Tuhan. Hal ini akan terlihat ketika manusia melakukan ibadah sholat, sebab yang dilihat oleh Tuhan adalah ketaqwaannya. Dalam kondisi tersebut semua jabatan yang melekat pada diri manusia tidaklah berarti, sementara yang terlihat hanyalah diri manusia dengan segala amalannya.
     “Dihadapan Tuhan, manusia bukanlah apa-apa. Sholat telah mengingatkan kepada kita bahwa semua manusia memiliki derajat yang sama di hadapan Tuhan”, ungkapnya.
     Hasyim menambahkan, orang melakukan ibadah karena meyakini akan adanya kebenaran. Sedangkan orang yang menyimpang dari kebenaran termasuk orang yang sombong. Perbuatan sombong ini selain menyimpang dari tata nilai juga termasuk perbuatan menyepelekan orang lain. Karena itu, sebagai muslim seharusnya tidak melakukan kesombongan dan menghargai orang lain sebagai makhluk yang sederajat.
     “Harga diri manusia pada dasarnya terletak pada amal perbuatannya. Semakin banyak amal perbuatan yang baik maka semakin banyak orang akan menghargainya,” tambahnya.
     Sementara itu dalam ceramahnya, Drs. Djundardo mengungkapkan, ada perbuatan yang pahalanya akan abadi yaitu diantaranya orang yang memegang kebenaran. Dalam pekerjaan apapun, apabila orang dapat menegakkan kebenaran maka pahalanya akan mengalir terus menerus.
     Dalam menghadapi kondisi yang berkembang saat ini, Djundardo meminta, agar para kaum muslimin untuk memupuk rasa kebersamaan dan gotong royong. Kesulitan apapun yang dihadapi apabila dijalankan bersama-sama maka akan terasa ringan.(Hms10/Arbai)

Berita Terkait