Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DIALOG INTERAKTIF KETUA KPAI PUSAT

Selasa, 07 September 2010 Umum
DIALOG INTERAKTIF KETUA KPAI PUSAT DENGAN PEMERHATI PEREMPUAN DAN ANAK

TEMANGGUNG, Women and Child Crisis Center (WCC) Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan Tim Pengerak PKK, Dharma Wanita dan GOW Kabupaten Temanggung menyelenggarakan dialog interatif dengan ketua Komisi Perlindungan anak Indonesia, Drs. Hadi Supeno, Msi.
       Dialog yang di laksanakan di gedung Graha Bhumi Phala Komplek Setda Kabupaten Temanggung senin (06/09), dihadiri oleh Bapak Bupati Temanggung, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, SKPD, dan sejumlah pemerhati perempuan dan anak di Kabupaten Temanggung.
       Dialog dengan Ketua KPAI ini berjalan kurang lebih 2 jam yang didahului sambutan dari Ketua WCC Kabupaten Temanggung Ny, Murdiyanti, Bsc,
       Dalam sambutannya Ny Murdiyanti berharap agar dialog ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Temanggung khususnya bagi peserta dialog ini untuk bisa menjadi teladan bagi masyarakat membantu peduli menangani masalah anak.
       Bupati Temanggung juga menyampaikan setiap anak yang lahir, dikehendaki atau tidak oleh orang tuanya, adalah merupakan amanah dari Allah SWT. Karena merupakan amanah, titipan, maka semestinya harus dijaga dengan sebaik-baiknya, sehingga memudahkan kita menyampaikan pertanggungjawaban di hadapan Alloh kelak hal ini juga di atur dalam Undang- Undang Republik Indonesia Nomer 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak,
       Berdasarkan data tiga tahun terakhir (2007-2009) yang dihimpun dari pos-pos pelayanan perempuan dan anak di Kabupaten Temanggung ini, diketahui bahwa permasalahan anak yang mengalami kekerasan fisik, psikis, seksual, eksploitasi, penelantaran, semakin hari semakin banyak. Tercatat 9 kasus pada tahun 2007 menjadi 13 kasus pada tahun 2008 dan 42 kasus pada tahun 2009. Pada tahun 2009 yang lalu telah terjadi 87 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, 42 korbannya adalah anak-anak.
       Bupati Temanggung berpesan agar dialog ini bisa bermanfaat dan tentunnya dengan dialog ini apa yang menjadi permasalahan anak di Kabupaten Temanggung bisa segera diketahui, dan meminta agar para pemerhati yang hadir bisa mengali informasi sebanyak-banyaknya terkait mekanisme penanganan korban kekerasan, anak khususnya, dan pengembangan kebijakan yang bisa diadopsi di Kabupaten Temanggung
       Sementara itu Drs. Hadi Supeno mengatakan betapa pentingnya menangani permasalahan anak krisis dengan materi yang cukup  lengkap, seta menggerakan audiens peduli menangani anak bermasalah dengan cara mendidik/ membimbing. (Hms10/Paul).

Berita Terkait