Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PARTISIPASI PEMILIH TERTINGGI DI JAWA TENGAH

Rabu, 14 Oktober 2009 Politik
PARTISIPASI PEMILIH TERTINGGI DI JAWA TENGAH

TEMANGGUNG, Suksesnya pemilu di Kabupaten Temanggung antara lain dapat dilihat dari tingginya tingkat partisipasi masyarakat baik dalam memberikan suaranya maupun dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pemilu. Dalam Pemilu tahun ini partisipasi masyarakt di Kabupaten Temanggung mendapatkan peringkat tertinggi di wilayah Provinsi Jawa Tengah yaitu 82,47 % dalam Pemilu Presiden 2009 dan sebesar 82,17 % dalam Pemilu Legislatif 2009. Proses penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Temanggung pun tergolong aman dan berjalan lancar tanpa masalah yang berarti. Hal tersebut disampaikan Bupati Temanggung yang dibacakan Setda Kabupaten Temanggung Drs. Bambang Arochman, MM dalam acara Evaluasi Penyelengaraan Pemilu 2009 dan Halal Bi Halal di Pendopo Pengayoman Selasa (13/10) yang dihadiri Muspida, Ketua KPU, Paswaskab, Para PPK se Kabupaten Temanggung dan SKPD terkait.
     Hal tersebut harus dipertahankan bahkan harus di tingkatkan dan hendaknya kekurangan yang diketemukan dalam pelaksanaan dapat dijadikan bahan evaluasi untuk ditindaklanjuti dalam penyelenggaraan kegiatan Pesta Demokrasi pada tahun-tahun mendatang tandasnya.
     Ketua KPU Temanggung Drs. Sujatmiko dalam laporannya menyampaikan perlunya diadakan evaluasi penyelenggaraan pemilu antara lain dengan berbagai pertimbangan adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban atas tahapan dan program yang telah dilaksanakan, untuk mengetahui hambatan-hambatan dan untuk menghimpun masukan-masukan sebagai bahan penyempurnaan kualitas penyelenggaraan pemilu berikutnya.
     Ditambahkannya bahwa evaluasi penyelenggaraan pemilu meliputi evaluasi pengaturan sistem pemilu, pengaturan mengenai proses penyelenggaraan dan terhadap kinerja pelaksana pemilu.
     Selain tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu yang mencapai diatas 82 %  juga  diperoleh prosentase pemahaman pemilih pada pilpres mencapai diatas 92 %. Hal ini mengidentifikasi keberhasilan kegiatan sosialisasi.(Hms09/pakDhe)

Berita Terkait