Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

LONGSOR TERJADI DI BLAWONG WETAN

Selasa, 21 September 2010 Bencana
LONGSOR TERJADI DI BLAWONG WETAN

TEMANGGUNG, Selama 2 hari hujan yang mengguyur Daerah Blawong Wetan Rt. 04, Rw.09 Desa Muncar Kecamatan Gemawang Kab. Temanggung, mengakibatkan longsor.
     Hujan setiap hari  pada suasana lebaran. Pada hari sabtu (11/09), masyarakat desa Blawong Wetan di kejutkan dengan adanya longsor. Kejadian ini langsung dilaporkan oleh salah satu warga kepada Bupati Temanggung.
     Menurut Agus Sudaryono Kasi Linmas Kabupaten Temanggung, telah diberitahukan langsung oleh Bupati atas kejadian longsor ini, Kami langsung mengklarifikasi kejadian ini dengan Camat Gemawang Tri Raharjo. SiP.
     Longsor terjadi di sisi tebing jalan utama dusun Blawong Wetan, akibatnya akses jalan agak terhabat karena sebagian jalan itu juga ikut longsor. Demi kelancaran akses jalan tersebut masyarakat langsung bergotong-royong melaksanakan kerja bakti membuat tanggul sementara untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan karena hujan masih mengguyur wilayah Blawong setiap hari dan membuat penggaman samping jalan.
     Senin (20/09) Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi didampingi sejumlah SKPD terkait, dan Camat Gemawang meninjau kelokasi tempat kejadian longsor ini.
     Dalam kesempatan itu Bupati meminta kepada UPT Dinas Pekerjan Umum kecamatan Gemawang untuk segera melangkah dalam mengatasi longsor ini agar akses jalan dusun Blawong wetan normal kembali.
     Menurut keterangan Yamidi salah satu warga yang rumahnya degan lokasi longsor mengatakan, sebenarnya sebelum longsor ini telah ada tanda-tanda rekahan tanah namun karena debit air hujan yang terlalu banyak mengakibatkan Drainase tidak lancar. Untuk itu pada hari minggu masyarakat langsung mengadakan kerja bakti.
     “Dalam waktu dekat ini masyarakat sekitar akan mengadakan musyawarah, yang rencananya  akan menggumpulkan karung yang akan diisi dengan tanah dan digunakan sebagai tanggul penahan terjadinya Drainase sementara,” tuturnya. (Hms10/Paul)

Berita Terkait