Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KAMBING DAN SAPI DIBERI PAKAN DAUN KARET

Kamis, 06 Agustus 2009 Pertanian dan Perkebunan
kambing dan Sapi Diberi Pakan Daun Karet
MUSIM KEMARAU TIBA, PETERNAK KESULITAN MENDAPATKAN RUMPUT

TEMANGGUNG, Dampak kekeringan yang melanda Kabupaten Temanggung  tahun ini, tidak saja dirasakan warga  sejumlah desa yang kesulitan mendapatkan air bersih. Namun sejumlah peternak kambing dan sapi  juga sudah mulai kesulitan mendapatkan rumput. Akibatnya  pertenak  terpaksa memberi pakan hewan piaraanya dengan daun pohon karet  yang  ada pinggir jalan desa. Hal itu sebagaimana dilakukan peternak di Desa Sanggarahan Kecamatan Kranggan.
     Pohon karet yang daunnya dimanfaatkan oleh peternak, sesunguhnya merupakan pohon ayoman pinggir jalan. Namun terpaksa  dipetik daunnya  untuk pakan ternak baik kambing maupun sapi. Para  peternak  setiap hari memanjat pohon karet tersebut untuk  memotong daun-daunnya  yang rimbun menggunakan galah dan sabit. Pekerjaan ini sebenarnya beresiko, bila sewatu-waktu saat memanjat jatuh. Akan tetapi peternak  sudah terbiasa, sehingga tidak takut akan resiko jatuh.
     Karena pohon karet persis dipinggir jalan raya, rata-rata para peternak, memangkas daun karet secara bersama-sama. Sebagian memanjat dan memangkas daun  dan sebagian mengumpulkan daun hasil pangkasan agar tidak mengganggu  kendaraan maupun pejalan kaki yang lewat.
     Seorang peternak Marfuad warga Rowo Kulon, sanggrahan menuturkan, setelah dikumpulkan, daun-daun karet tersebut dibawa pulang untuk pakan kambing dan sapi. Meski sudah disiapkan pakan daun karet, namun untuk pemberian pakan belum sepenuhnya mencukupi.Akibatnya  peternak masih harus merumput lagi jauh ke luar desa  seperti Secang magelang dengan menggunakan sepeda motor.
     “Hal itu dilakukan, karena didesa setempat sudah tidak ada rumput, Kalaupun ada kondisinya sudah mengering, sehingga tidak memungkinkan untuk pakan ternak. Diharapkan ada hujan kiriman, agar rumput di pekarangan dan di sawah kembali tumbuh“ tuturnya (Hms09/Edy Laks)

Berita Terkait