Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

GERAKAN PENANAMAN POHON MASSAL

Sabtu, 19 Desember 2009 Pertanian dan Perkebunan
GERAKAN PENANAMAN POHON MASSAL

TEMANGGUNG, Dalam rangka menjaga dan melestarikan hutan serta upaya konservasi lingkungan di sekitar lahan pertembakauan. Kamis (17/12) di Desa Wonosari Kecamatan Bulu,  Temanggung dilakukan Gerakan Penanaman Pohon Massal. Acara tersebut di prakarsai oleh Pemerintah dan Masyarakat bersama Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Temanggung.
     Acara tersebut dihadiri Ketua Komisi IV DPR RI, Assisten II Setda Temanggung, Ketua DPRD Temanggung, Ketua APTI Provinsi Jawa Tengah, SKPD Terkait dan Masyarakat Pertembakauan Temanggung.
     Dengan diawali atraksi Kuda Lumping yang menggambarkan Bupati R. Soemarsono Notowidagdo mengadakan perjalanan dari Pendopo Temanggung ke Dusun Dukuh Desa Wonosari.
     Dalam laporannya Kepala Desa Wonosari Parmuji mengatakan bahwa dalam rangka menjaga dan melestarikan alam masyarakat wonosari telah mengadakan beberapa kegiatan. Untuk menjaga mata air dengan mengembagkan sumur resapan. Dan dalam tiga tahun dari tahun 2009 sampai 2011 akan menanam pohon sebanyak 80 ribu batang. Sampai dengan tahun 2009 baru tertanam 24 ribu batang. Dengan harapan melalui kepala desanya, bahwa tembakau masih tetap bisa ditanam di bumi Temanggung.
     Disampaikan oleh Ketua APTI Jawa Tengah N. Wisnu Brata, SE bahwa acara ini membuktikan bahwa petani tembakau peduli lingkungan. Ditambahakan Ketua Komisi IV DPR RI Ir. Rosid Hidayat pada prinsipnya akan membantu dalam mensukseskan gerakan tanam pohon melalui Komisi IV DPR RI.
     Selanjutnya Ketua DPRD Temanggung Drs. M. Bambang Sukarno mengajak masyarakt untuk mencintai Temanggung pada khususnya dan Indonesia pada Umumnya dan mengajak untuk melestarikan dan memelihara lingkungan.
     Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Temanggung Ir. Bambang Dewantoro memantau secara langsung aksi penanaman massal menyatakan menyambut positif inisiatif petani tembakau yang peduli lingkungan. Dia berharap tanaman yang ditanam agar dirawat dan dipelihara dengan sebaik-baiknya agar tumbuh subur guna mengembalikan lingkungan.
     Bibit pohon yang ditanam meliputi beberapa jenis dari tanaman buah sampai dengan tanaman tahunan yang berasal dari swadaya masyarakat, Pemuda, dan dari berbagai pihak.  Harapan Petani Tembakau kepada pemerintah dan DPRD agar selalu berpihak kepada petani tembakau dan bisa mempertahankan tanaman tembakau sebagai tanaman prioriotas. (hms09/pakDhe)

Berita Terkait