Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PAJAK BPHTB TEMANGGUNG CAPAI 2,6 MILIAR

Selasa, 05 Oktober 2010 Umum
PAJAK BPHTB TEMANGGUNG  CAPAI  2,6 MILIAR

TEMANGGUNG, Pendapatan Pajak berupa bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) di Kabupaten Temanggung tahun 2010, hingga akhir Agustus telah mencapai Rp 2,6 miliar. Jumlah tersebut melebihi dari yang  ditargetkan sebanyak Rp1,4 miliar
     Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Temanggung, Sriyono di Temanggung  Selasa  (5/10) menjelaskan, realisasi pajak BPHTB hingga akhir Agustus 2010 telah mencapai 181 persen dan hingga akhir tahun ini prediksi realisasinya bisa mencapai 250 persen dari target. Diutarakan  perolehan pajak BPHTB tersebut nantinya disetor ke kas Pemkab Temanggung.
     “Tingginya pencapaian BPHTB tersebut merupakan salah satu efek dari kemudahan pelayanan peralihan hak atas tanah dan bangunan di masyarakat melalui pejabat pembuat akta tanah yang didukung Kantor Pertanahan Kabupaten Temanggung“ ujarnya.
     Menurutnya dengan  fasilitas kemudahan pelayanan  otomatis pajak BPHTB menjadi meningkat. Jika transaksi stagnan ujarnya tidak mungkin pendapatan meningkat, namun karena pelayanan mudah maka banyak masyarakat yang berminat untuk mengurus sertifikat. Selain itu, tingginya pencapaian karena dukungan kerja keras tim layanan rakyat untuk sertifikat tanah (Larasita) yang terus mengadakan penyuluhan di masyarakat. Program Larasita mulai berlangsung tahun ini dan hasilnya sangat baik.
     "Bagi para pemohon kalau berkas dan persyaratan sudah lengkap maka perangkat desa bisa menghubungi kantor Pertanahan dan tim Larasita akan mendatangi desa tersebut untuk memproses pembuatan sertifikat," tandasnya.
     Dikemukakan,  masyarakat lebih dipermudah dengan adanya program Larasita yang mengedepankan pola jemput bola sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Pertanahan.  Secara berkala pihaknya mengerahkan  mobil layanan Larasita masuk ke desa-desa  untuk memberikan layanan kepada masyarakat membuat sertifikat.(Hms10/Edy Laks ).

Berita Terkait