Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

JAMAAH CALON HAJI DIBERANGKATKAN

Selasa, 19 Oktober 2010 Umum
JAMAAH CALON HAJI DIBERANGKATKAN KE ARAB SAUDI

TEMANGGUNG, Jamaah calon haji kabupaten Temanggung tahun 2010 secara resmi telah diberangkatkan oleh  Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi menuju Arab Saudi Senin (18/10) di Pendopo Pengayoman.
     Acara pemberangakatan  diawali adzan dan doa  dilanjutkan pengibasan bendera oleh Bupati disaksikan pejabat  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala kantor Kementerian Agama  dan pejabat tekait.
     Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Drs. H, Jamun Efendi, M.Pd.I  menjelaskan, pemberangkatan jamaah calon haji terbagi dalam 3 kloter yaitu kloter 22 sebanyak 372 orang  diberangkatkan  jam 04.30. sedang  kloter 23 sebanyak 373 orang  dan kloter 24 sebanyak 42 orang diberangkatkan  jam 09.30. Diutarakan, para jamaah calon haji selepas dari Pendopo Pengayoman langsung menuju asrama haji Donohudan Surakarta untuk menjalani serangkaian persiapan  seperti pemeriksaan kesehatan, suntik vaksin meningitis dan pembagian  living cost .Setelah istirahat sehari semalam , para jamaah kemudian diberangkatkan  ke tanah suci Makkah melalui embarkasi bandara Adi Sumarmo Surakarta.
     “Seluruh jamaah calon haji dijadwalkan  terbang  Selasa  (19/10) kloter 22 jam 07.00, kloter 23 jam 13.00 dan kloter 24 jam 16.00 bergabung dengan jamaah dari Kabupaten Wonogiri. Direncanakan setelah menempuh Perjalanan udara sekitar 11 jam, para jamaah mendarat di bandara King Abdul Aziz Jedah  langsung menuju Madinah”. ujarnya seraya menambahkan untuk membantu kelancaran beribadah haji, para jamaah didampingi 3 orang TPHD dan 3 orang TKHD .
     Dia menambahkan, insya Allah jama’ah calon haji lancar dalam melaksakan seluruh rangkaian ibadah haji,  karena telah mendapat bimbingan manasik haji baik  teori maupun praktek. Bimbingan manasik selain diberikan Kantor Kementerian Agama, juga dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Babussalam, KBIH Roudhoh dan KBIH Ikatakan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI).
     Sementara itu seminggu sebelumnya pada acara pelepasan haji di Pendopo Pengayoman, Wakil Bupati Ir. Budiarto, MT berpesan agar dalam melaksanakan ibadah hendaklah berhati-hati dalam mengatasi segala persoalan. Dengan demikian tidak  terjadi sesuatu yang dapat membatalkan pahala ibadah haji.
     ”Beribadah haji mesti  dilandasi niat hati yang suci semata-mata untuk beribadah, sehingga ibadah haji yang dilaksanakan akan mendapat ridho dan berkah dari  Allah SWT. Diutarakan kesempatan menunaikan ibadah haji merupakan undangan dari Allah, karena undangan berarti  pilihan dari  ribuan umat Islam  di Temanggung. Karena dipilih lanjutnya, berarti suatu kehormatan dan sudah barang tentu memerlukan pengorbanan“ tandasnya  (Hms10/Edy Laks).

Berita Terkait