Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TANAH LONGSOR DI KALORAN

Rabu, 27 Oktober 2010 Bencana
WAKIL BUPATI TEMANGGUNG KUNJUNGI KORBAN TANAH LONGSOR

TEMANGGUNG, Wakil Bupati Temanggung, Ir. Budiarto, MT beserta rombongan, Senin (25/10) mengunjungi beberapa lokasi tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung. Rombongan yang ikut serta melihat lokasi tanah longsor, diantaranya dari Dinas Sosial, Kesbangpol dan Limnas, Camat Kaloran dan Kepala Desa setempat.
     Desa yang dikunjugi rombongan dari Pemerintah Kabupaten diantaranya Desa Kalimanggis, Getas, dan Tleter. Bencana alam tanah longsor di Kecamatan Kaloran ini, diakibatkan karena hujan deras yang mengguyur pada Kamis (21/10) pukul 15.30. Saluran air yang berada di atas bukit tidak mampu menampung debit air sehingga mengakibatkan luapan dan mengakibatkan tanah ambles dan longsor.
     Adanya tanah longsor ini mengakibatkan satu korban meninggal yaitu warga dusun Banyurip, Desa Getas. Bapak dari dua anak ini, sore hari pukul 15.00 berangkat ke ladang untuk menderes Aren. Namun pada pukul 17.00 yang biasanya korban sudah pulang kerumah, saat itu belum sampai rumah. Orang tua korban yang khawatir menyuruh cucunya untuk mencarinya ke ladang. Teryata korban sudah ditemukan tidak lagi bernyawa, akibat terkena longsoran tanah.
     Kerusakan lainnya yang terjadi akibat tanah longsor, sebagian besar hanya pada bagian belakang rumah yang persis bersebelahan dengan tebing. Kerusakan parah terjadi di dusun Lamuk Desa Kalimanggis. Tanah longsor yang menimpa rumah dari kepala dusun setempat ini mengakibatkan kerusakan pada bagian belakang rumah, yaitu gudang dan tempat yang biasanya digunakan masyarakat setempat untuk berkumpul.
     Kondisi yang sama juga terjadi di Dusun Kemiri. Kondisi tanah yang tidak stabil membuat kekhawatiran penduduk setempat karena rumah-rumah mereka berada di atas tebing dan sebagian berada di bawah tebing. Kerugian materiil dari masing-masing rumah di taksir antara 5 juta sampai 20 juta.
     Dalam perjalanannya, Wakil Bupati Temanggung Budiarto menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada, karena tanah longsor masih bisa terjadi akibat tanah yang labil. Selain itu, Wakil Bupati, juga memberikan santunan kepada keluarga korban meninggal sebesar satu juta limaratus ribu rupiah.
     Sebelum mengakhiri perjalanan dinas di Kecamatan Kaloran, secara simbolik Wakil Bupati menyerahkan bantuan kepada kepala Desa Kalimanggis. Bantuan yang diserahkan berupa beras sebanyak 4 kwintal dan 42 liter minyak goreng. Selanjutnya bantuan-bantuan tersebut akan di distribusikan langsung ke masyarakat yang terkena musibah tanah longsor. (Hms10-Mul/DJan/Hatta).

Berita Terkait