Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SOSIALISASI DARI MPR RI

Jumat, 29 Oktober 2010 Umum
MPR RI SOSIALISASI UUD REPUBLIK INDONESIA 1945 DAN PUTUSAN MPR RI

TEMANGGUNG, Team MPR RI Rabu (27/10) bekerja sama dengan Pengurus PGRI Temanggung mengadakan sosialisasi UUD Republik Indonesia tahun 1945 dan putusan MPR di gedung Graha Bumi Phala Komplek Setda Temanggung. Acara sosialisasi ini diikuti oleh pengurus PGRI kabupaten Temanggung dan guru SMA - SMP se-Kabupaten Temanggung.
     Menurut ketua PGRI Temanggung Ahmad Saryono, sosialisasi semacam ini memang pas untuk para guru, terlebih lagi guru mata pelajaran kewarganaegaraan. Dalam hal ini karena  guru sebagai public figure dalam masyarakat dan juga sebagai penyebar informasi kepada muridnya. Sehingga hasil dari  sosialisasi ini bisa disampaikan secara luas.
     Asisten Administrasi Drs. Gunarso, MM, ketika membacakan sambutan Bupati Temanggung menjelaskan, bahwa guru sebagai salah satu pemegang nasib bangsa, diharapkan sanggup dan mampu meneruskan visi dan misi luhur bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesia yang berBhineka Tunggal Ika. Selain itu juga dapat mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, yang menjunjung harkat dan martabat, nilai-nilai kemanusiaan yang semakin beradab, perdamaian dan kedamaian, serta semakin kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa.
     Sementara itu perwakilan pengurus PGRI Jawa Tengah Taruna, SH, menghimbau kepada para guru untuk menjadi guru yang baik. Guru yang baik menurutnya adalah memiliki persiapan materi yang matang yang akan disampaikan, memiliki metode pembelajaran yang pas, memiliki akhlak yang mulia dan juga memiliki sertifikat pendidikan.
     Acara sosialisasi dari MPR, diantaranya menyampaikan bebarapa point perihal Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Narasumber dari fraksi PKS menyampaikan bagaimana proses perubahan UUD mulai dari hal yang melatar belakangi adanya perubahan, sampai  hasil perubahan yang didapat melalui sidang MPR, baik itu sidang umum maupun sidang tahunan. Selain itu, juga disampaikan hal-hal yang ada di batang tubuh Undang-undang Dasar  tahun 1945.
     Pada kesempatan yang sama, disampaikan juga tentang keputusan dan ketetapan MPR RI. Ruang lingkup yang disampaikan diantaranya konstitusi, ketetapan MPR, keputusan MPR, dan dinamika ketatanegaraan. Sosialisasi yang bertemakan pembelajaran bersama masyarakat ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.  baik itu ketetapan dan juga keputusan MPR. (Hms10-Mul/Edy Laks/Hatta)

Berita Terkait