Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

EVALUASI DENGAR PENDAPAT eRTe FM

Jumat, 19 November 2010 Umum
LPPL RADIO eRTe FM MASUKI TAHAPAN EVALUASI DENGAR PENDAPAT

TEMANGGUNG, Bertempat di Hotel Kledung Pass Kecamatan Kledung Kab. Temanggung, Lembaga penyiaran Publik (LPP) Lokal eRTe FM Temanggung mengikuti Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) yang diselenggarakan oleh KPID Jawa Tengah. Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) merupakan tahapan penting dalam rangkaian  proses pengajuan ijin frekwensi siaran, setelah sebelumnya eRTe FM dinyatakan lulus verifikasi data.
     Selain eRTe FM Temanggung, EDP  secara bersamaan juga dilakukan untuk Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Lokal Pesona FM Wonosobo.
     Dalam kesempatan itu hadir berbagai unsur nara sumber seperti dari DEPKOMINFO, Komisi A DPRD, Majlis Ulama Indonesia, Tokoh Masyarakat dan Jajaran Pimpinan beserta kru ke dua LPPL yang bersangkutan. Sementara itu dari KPID Jawa Tengah dihadiri Wakil Ketuanya , Drs. Najahan Musyafak, didampingi Korbid  Perijinan Frekwensi Hari Wiryawan, Korbid Pengawasan Isi siaran,  Zaenal Abidin ’Petir’ dan segenap jajaran KPID Jateng.
     Dalam paparannya, Kepala bagian Humas Setda Temanggung  Anteng Ujiani, S.Sos selaku pemohon ijin frekwensi LPPL eRTe FMats nama Pemkab mengatakan, bahwa eksistensi LPP Lokal masih sangat dibutuhkan dalam rangka menyampaikan informasi, dan hiburan, disamping sebagai fasilitator partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Penyajian materi acara radio yang dikemas dengan santun, dengan bahasa yang tidak dibuat- buat juga cenderung semakin digemari.  Selain itu kehadiran LPP Lokal eRTe FM dalam rangka turut mengawal untuk  mensukseskan Visi Misi Kabupaten Temanggung untuk mewujudkan masyarakat bersatu untuk, maju dan sejahtera.
     Dibagian lain disampaikan, bahwa terbentuknya Peguyuban Pendengar eRTe FM dengan anggota dari berbagai penjuru Kabupaten Temanggung, membuktikan bahwa kehadiran LPP Lokal eRTe Fm masih sangat dibutuhkan.
     Nara sumber yang hadir dalam kesempatan tersebut umumnya  menganggap kehadiran LPPL di Tingkat Kabupaten sangat perlu, mengingat pentingnya media radio yang berorientasi pada kepentingan masyarakat setempat dalam hal penyajian informasi, mengawal seni budaya dan mempererat persatuan dan kesatuan.
     Meskipun diakui masih banyak hal yang harus dilakukan oleh LPP Lokal untuk berbenah diri. Diantaranya dalam rangka turut menumbuhkembangkan semangat nasionalisme yang akhir – akhir ini dirasa kurang mendapatkan porsi memadai.
     “Pemutaran lagu-lagu Nasional kiranya perlu ditambah dan ditingkatkan. Ini sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda. Jangan sampai mereka tidak hapal dengan lagu-lagu nasional bangsanya. Radio eRTe FM selaku LPPL Temanggung tentu bisa melaksanakannya” Ujar Cahyono Eko Sambodo, S. Sos nara sumber dari Dephubkominfo Temanggung.
     Kritik dan saran yang disampaikan nara sumber maupun KPID Jateng akan ditindaklanjuti oleh Pemohon baik dari LPP eRTe FM Temanggung maupun Pesona FM Wonosobo. Pada akhirnya para nara sumber sepakat merekomendasikan kepada KPID untuk memberikan ijin frekwensi dan ijin penyiaran kepada kedua LPPL tersebut. (Hms10/isrofi)

Berita Terkait