Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HUT GURU

Senin, 29 November 2010 Pendidikan
Perlu Pembenahan Rekrutmen Guru

TEMANGGUNG, Pemerintah menyadari bahwa tidak mudah menyediakan guru yang professional dalam jumlah yang mencukupi. Ketidak cermatan dalam proses rekrutmen calon guru, proses penyiapan calon guru di jenjang pendidikan prajabatan hingga proses rekrutmen, penempatan, pelatihan dalam jabatan dan proses supervise kinerja guru merupakan siklus yang perlu dibenahi dengan sungguh-sungguh secara berkelanjutan.
     Demikian sambutan Menteri Pendidikan Nasional Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA yang dibacakan Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi dalam upacara Hari Guru Nasional Tahun 2010 dan Hari Ulang Tahun PGRI ke 65 di alon-alon kota Temanggung, Kamis (25/12). Upacara dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), segenap pengurus PGRI Kabupaten Temanggung, para pejabat di lingkungan Pemkab Temanggung serta para guru dan siswa yang bertindak sebagai peserta upacara.
     Lebih lanjut dikatakan, pemerintah, pmerintah daerah dan penyelenggara pendidikan tidak pernah berhenti berupaya meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan guru. Secara bertahap dan berkesinambungan pihak-pihak yang berkepentingan ini akan melaksanakan peningkatan kualifikasi dan melakukan sertifikasi profesi guru sebagai bagian  dan standardisasi kompetensi guru secara nasional.
     “Kepada guru-guru yang sudah memiliki sertifikat profesi, pemerintah memberikan tunjangan profesi sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan guru,” imbuhnya.
     Menteri mengingatkan, prestasi, keteladanan, dan kepeloporan para guru yang ditunjukkan semasa awal kebangkitan nasional hingga sekarang adalah semangat dan tradisi perjuangan yang perlu terus menerus kita selaraskan seiring dengan cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tidak berlebihan kiranya harapan masa depan bangsa Indonesia dipertaruhkan kepada mereka yang berprofesi sebagai guru.
     Sementara itu dalam kesempatan yang sama juga diberikan penghargaan kepada sepuluh guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah yang berprestasi. Mereka adalah Wahyuningsih guru TK Pertiwi Pateken Wonoboyo, Dwi Asri Nurhayati S.Pd guru SDN Parakan Kauman Parakan, Kristina Widyanti, S.Pd guru SMPN 2 Temanggung, Budi Hartono, S.Pd guru SMAN 1 Temanggung, Ina Sulanti, S.Pd guru SLBN Temanggung, dan Siti Asiyah, M.Pd guru TK Negeri Pembina Bulu. Untuk kepala sekolah diraih oleh Yuriyanto Kepala SDN Pandemulyo Bulu, Indrotomo S.Pd, M.Pd Kepala SMPN2 Temanggung dan Drs. Hendro Martono, S.Pd. M.Pd pengawas sekolah pada UPT Dinpendik Kecamatan Temanggung.
     Penghargaan diberikan secara langsung oleh Bupati Temanggung usai upacara kepada para penerima penghargaan. Selain itu juga diserahkan hadiah dan trophy kepada para juara dalam kejuaraan mendongeng, tenis meja putra dan putrid, bola voly putra dan putri untuk para guru. (Hms10/Arbai).

Berita Terkait