Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMBERIAN SERTIFIKAT MASAL

Kamis, 09 Desember 2010 Sosial
Sebanyak 330 Sertifikat Tanah Diberikan Secara Masal

TEMANGGUNG, Sebagian warga Desa Legoksari boleh berlega hati, pasalnya telah menerima sertifikat tanah dari Kantor Pertanahan Kabupaten Temanggung. Sertifikat yang diserahkan berjumlah 330 yang merupakan kerjasama Kantor Pertanahan Kabupaten Temanggung dengan BPR. BKK Temanggung. Secara resmi, sertifikat diserahkan oleh Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi kepada perwakilan warga Desa Legoksari yang berlangsung di Balaidesa setempat, Senin (6/12) kemarin.
     Menurut keterangan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Temanggung, Sriyono, saat menyaksikan penyerahan mengatakan, penyerahan secara masal sertifikat tanah tersebut merupakan program dari Kantor Pertanahan yang akan dilaksanakan di semua wilayah Kabupaten Temanggung. Pihaknya akan bekerjasama dengan BPR. BKK Temanggung untuk melanjutkan sertifikasi secara masal bagi warga yang kurang mampu.
     Sriyono menghimbau, sertifikat yang sudah dimiliki oleh warga agar dapat dijadikan pedoman terutama dalam menentukan batas tanah dan peruntukannya. Oleh karena itu, selain berfungsi sebagai hak milik, sertifikat tanah juga berfungsi untuk mengatur tentang peruntukan tanah baik sebagai tanah tempat tinggal atau sebagai tanah pertanian.
Selain itu, Sriyono menambahkan, jika muncul permasalahan yang menyangkut pertanahan sebaiknya diselesaikan secara baik-baik. Jika memang terdapat kesulitan dalam penyelesaiannya maka diserahkan ke aparat penegak hukum.
     Untuk menjamin kepastian hukum maka  persoalan pertanahan harus diselesaikan secara hukum sesuai dengan aturan yang berlaku, imbuhnya.
     Sementara itu, Direktur BPR. BKK Kabupaten Temanggung, Eko Puspoko, SE mengatakan, untuk mendukung kelancaran program sertifikasi tanah secara masal ini pihaknya siap melakukan kerjasama. Pihaknya kini tengah melakukan survey dan langkah-langkah guna melakukan program yang sama di beberapa daerah.
     Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi mengemukakan, program sertifikasi tanah merupakan bentuk pelayanan masyarakat yang harus dilaksanakan secara baik. Pemkab mendukung program ini karena memang sangat bermanfaat bagi warga khususnya yang kurang mampu. Ia berharap, masyarakat dapat memanfaatkannya secara baik. Selain itu, menurut Bupati, program sertifikasi tanah ini juga akan meningkatkan pendapatan daerah melalui Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
     Bupati juga menyoroti tentang pentingnya pelayanan masyarakat yang menjadi kewajiban pemerintah. Ia meminta, pelayanan kepada masyarakat harus dilaksanakan secara professional yaitu cepat dan murah. Jika memang bisa mudah mengapa harus dipersulit, bukan sebaliknya, tegasnya. (Hms10/Arbai).


Berita Terkait