Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SURAT SUARA DPD SUMBAR NYASAR

Senin, 16 Maret 2009 Politik
KPU Temanggung Sortir Surat Suara Pemilu
PULUHAN LEMBAR SURAT SUARA DPD SUMATERA BARAT NYASAR
 
TEMANGGUNG, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung  setelah menerima kiriman surat suara  Pemilu Legislatif 2009, saat ini tengah melakukan penyortiran dan pelipatan dengan mengerahkan sedikitnya 130 orang tenaga kerja perhari. Penyortiran dilakukan untuk memisahkan antara surat suara yang salah atau rusak dengan surat suara yang benar untuk kebutuhan Pemilu 9 April mendatang.
Sekretaris KPU Drs. Witarso saptono Putro  dikantornya  kemarin  menjelaskan,  surat suara yang sudah diterima meliputi surat suara  Dewan Perwakilan Daerah  (DPD ) sebanyak 1143  koli, surat suara  untuk DPR Kabupaten 1158 box dan surat suara untuk DPR pusat 1143 koli. Diutarakan setelah menerima berbagai jenis surat suara tersebut pihaknya langsung melakukan penyortiran  sekaligus pelipatan   dengan mengerahkan 130 tenaga kerja  yang dilakukan di gudang KPU dan Aula RSBG Kartini Temanggung.
Penyortiran  pertama dilakukan untuk  surat suara Dewan Perwakilan Daerah ( DPD)  dan  telah ditemukan   puluhan lembar surat suara untuk pemilihan DPD  Propinsi Sumatera Barat yang nyasar ke Temanggung. Demikian pula  untuk DPD Jawa tengah juga ditemukan puluhan lembar yang rusak diantaranya sobek menjadi dua bagian dan beberapa lembar lainnya ada noda hitamnya. Sedang untuk surat suara DPR Kabupaten juga ditemukan  puluhan lembar yang ada tulisannya Pemilu ulang.
“Dari hasil penyortiran ini sudah ditemukan   sejumlah surat suara  DPD yang rusak bahkan puluhan lembar surat suara DPD Sumatera Barat  nyasar ke Temanggung serta  puluhan lembar suarat suara  DPR Kabupaten ada tulisannya Pemilu ulang. Jumlah ini masih dimungkinkan bertambah mengingat penyortiran belum selesai seluruhnya” ungkapnya
Menurutnya, surat suara yang  salah atau rusak dipisahkan sendiri  dan nantinya akan dibuatkan berita acara guna dilaporkan ke KPU Propinsi Jawa Tengah  untuk mendapatkan ganti sesuai kebutuhan. Sedang surat suara yang benar langsung dilakukan pelipatan dan disimpan digudang  yang nantinya akan didistribusikan ke 20 Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) yang tersebar di 20 Kecamatan. Untuk kebutuhan Pemilu 9 April mendatang lanjutnya dibutukan  571.666 lembar surat suara  untuk masing-masing jenis surat suara baik DPD DPR Pusat, DPR Propinsi maupun DPR Kabupaten . Jumlah sebanyak itu sudah termasuk  cadangan.
“Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan  dalam proses penyortiran dan pelipatan ini  dijaga polisi  dari  Polres Temanggung. Dengan demikian bisa berjalan tertib, aman dan lancar“ tandasnya ( Edy Laks )

Berita Terkait