Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

UJIAN NASIONAL SLTA

Selasa, 19 April 2011 Pendidikan
BUPATI PANTAU UJIAN NASIONAL SLTA

TEMANGGUNG, Bupati Drs. Hasyim Afandi memantau pelaksanaan Ujian Nasional  (UN) tahun 2011 tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas  Senin (18/4). Sekolah  yang ditinjau   meliputi SMK  Negeri 1 Temanggung, SMK Negeri 1 Jumo dan SMA Islam Kandangan. Pemantauan didampingi Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Temangung Drs. Fadloli .
     Bupati mengatakan, pemantaun bertujuan untuk mengetahui langsung pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SLTA  tahun 2011.  Dari 3 Sekolah  yang ditinjau, pelaksanaan Ujian Nasional secara umum berjalan lancar. semua unsur penyelenggara maupun peserta  sudah mempersiapkan secara maksmimal sehingga  tidak dijumpai kendala maupun  hambatan.
     “Kepada para siswa diharapkan mempersiapkan diri semaksimal mungkin supaya bisa mengerjakan  soal-soal ujian dengan baik.  Hasil akhir Ujian Nasional SMA dan SMK tahun 2011 ini, nantinya akan dievaluasi  dan  diharapkan jauh lebih baik bila dibandingkan dengan tahun 2010 silam“ tandasnya.
     Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Temangung Drs. Fadloli menjelaskan Ujian Nasional SMK   berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 18 s/d 20 April 2011. Sedang untuk SMA berlangsung 4 hari hingga tanggal 21 April 2011. Jumlah peserta seluruhnya 4506 tersebar di 19 SMK, 13 SMA dan 12 MA. Jumlah peserta terbanyak siswa SMK 2506, SMA 1464 dan MA 536 siswa. Sedang mata pelajaran yang diujikan  meliputi Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris untuk SMK. Khusus untuk SMA dan MA ditambah mata pelajaran sesuai program masing-masing. Untuk program IPA yaitu biologi, kimia dan fisika, program  IPS meliputi sosiologi, geografi dan ekonomi. Untuk program bahasa meliputi sastra Indonesia, sejarah budaya/antropologi dan bahasa asing. Sedang program keagamaan terdiri  fikih, hadist dan tafsir  Naskah soal dibuat  oleh pemerintah pusat. Alokasi waktu pengerjaan  masing-masing mata pelajaran 120 menit. Pengawas ujian, guru dari sekolah lain dengan sistem silang penuh.  Hasil lembar jawaban  selanjutnya dikirim ke provinsi untuk dikoreksi.
     ”Bagi siswa yang berhalangan bisa mengikuti  ujian susulan yang akan dilaksanakan tanggal 25 s/d 28 April 2011 ”, ujarnya
     Kegiatan yang sama juga dilakukan Wakil Bupati Ir. Budiarto, MT memantau Ujian Nasional di MA Negeri 1 Temanggung, SMK Bambang Sugeng Kranggan, SMA Negeri 1 Pringsurat dan SMA Assalam Kranggan. Secara umum Ujian Nasional di 4 sekolah tersebut berjalan tertib dan lancar. (Hms11/Edy Laks).

Berita Terkait