Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PERPUSTAKAAN

Kamis, 05 Mei 2011 Pendidikan
WAHANA BELAJAR DAN BERMAIN

TEMANGGUNG, Gedung baru Perpustakaan Kartini” Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Temanggung”, Senin (02/05) telah diresmikan penggunaannya oleh Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi.
     Hadir Wakil Bupati Temanggung, Ir. Budiarto, MT, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (FKPD)/MUSPIDA Kabupaten Temanggung, SKPD, Ketua Komisi DPRD Kabupaten Temanggung, Direktur Utama Bank Jateng, Pengurus Yayasan Obor Tani, Kepala Sekolah dan Perwakilan kelompok Tani di kabupaten Temanggung.
     Asisten Ekbang dan Kesra Setda Kabupaten Temanggung Drs. Suyono, MM dalam laporannya menjelaskan, Perpustakaan Daerah “Kartini” dibangun dengan dana hampir empat milyard rupiah dari APBD Kabupaten Temanggung tahun anggaran 2009 dan 2010. Dan pada saat ini telah siap diresmikan penggunaannya.
     Pembangunan Perpustakaan umum Kartini cukup representatif dengan pengembangan fasilitas layanan dengan tersedianya layanan terbitan berkala, koleksi referensi, koleksi braille, sirkulasi, multi media dan free hotspot internet, perpustakaan keliling, bimbingan dan pengembangan perpustakaan, konsultasi dan praktek kerja lapangan.
     Keberadaan perpustakaan daerah di lokasi Taman Kartini melengkapi wahana edukatif di area space public sebagai tempat bermain dan belajar yang menyenangkan.
     Bupati Temanggung dalam sambutannya mengatakan salah satu indikator negara maju ditandai dengan masyarakatnya yang gemar membaca oleh karena itu harapannya dengan adanya perpustakaan yang lengkap buku-bukunya dan nyaman, karena menurut Bupati tingkat kegemaran membaca masyarakat Temanggung semakin tinggi.
     Oleh Karena itu keberadaan Perpustakaan diselenggarakan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan sebagai bagian integral dari Pembanggunan Nasional yang mutlak perlu dikembangkan secara terus menerus.
     Sejalan dengan Visi ”Bersaju Untuk Maju dan Sejahtera”, peningkatan kualitas pendidikan terus diupayakan oleh Pemerintah. Oleh karena itu Bupati berharap perpustakaan ini dapat meningkatkan semangat gemar membaca bagi pelajar dan masyarakat  Temanggung yang berdampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan dan kecerdasan di masa mendatang.
     Dalam kesempatan itu Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut andil dalam pembangunan Perpustakaan dan berbagai pembanguna di kabupaten Temanggung.
     Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Kabupaten Temanggung Drs. Bambang Eddi Hartono terkait dengan peresmian menambahkan, Bahwa tiga hal menarik yang untuk diketahui dan dimanfaatkan masyarakat luas. Tiga hal tersbut adalah adanya layanan Koleksi Braille, yang merupakan ruang baca khusus tuna netra disamping menyediakan berbagai koleksi Braille juga dilengkapi dengan Digital Talking Book dimana pengguna Perpustakaan  yang mengalami keterbatasan penglihatandapa juga menambah wawasan dan dan ilmu pengetahuan dengan membaca maupun menggunakan komputer. Layanan Koleksi dan Pembelajaran Anak yang khusus untuk pembaca anak-anak, perpustakaan menyediakan ruang tersendiri yang luas dan nyaman. Dalam ruangan ini banyak koleksi buku khusus untuk anak dan dilengkapi dengan permainan yang mendidik, Juga Layanan Multi media untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna perpustakaan yang tanpa batas, perpustakaan juga menyediakan fasilitas akses internet gratis dan WIFI juga putas koleksi CD dan DVD.
     Jam buka layanan Perpustakaan “Kartini” pad hari Senin s/d Kamis jam 08.00 sampai dengan jam 17.000 WIB, untuk hari Jumat mulai jam 08.00 s/d jam 12.00 WIB dan Jam 13.00 s/d 15.00 WIB sedangkan hari sabtu jam 08.00 s/d Jam 15.30 WIB. Untuk hari Minggu dan hari besar tutup.
     Dalam peresmian tersebut juga diserahkan trophy dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba perpustakaan sekolah dan desa, peresmian satu Unit Sekolah Baru (USB) Satu Atap, pemberian bantuan CSR PT Bank Jateng sebesar 1 milyard untuk pembangunan embung dan pengembangan sentra pemberdayaan tani di desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan yang dikelola oleh Yayasan Obor Tani, dan penyerahan bantuan hand traktor roda dua kepada sembilan kelompok tani di Kabupaten Temanggung.(Humas11/Paul).

Berita Terkait