Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BKL KUSUMA HATI MAJU LOMBA TINGKAT JATENG

Senin, 23 Mei 2011 Umum
BKL KUSUMA HATI  MAJU LOMBA TINGKAT JATENG

TEMANGGUNG, Kelompok Bina Keluarga Lansia  (BKL) Kusuma Hati Dusun Kwagean Desa Mojosari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung  maju lomba Tingkat Jawa Tengah Sabtu  kemarin  (21/5) di Balai  Desa  setempat. Sebelumnya rombongan tim penilai yang dipimpin Dra Drajat Susiloningsih dari  BKKBN Provinsi Jawa Tengah diterima Bupati Drs. Hasyim Afandi di ruang Gajah Pendopo Jenar Setda Temanggung. Ikut mendampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Lies Dariyati Hasyim, SPd dan Wakilnya Ny. Eny Budiarto, S Sos di Desa tim disambut tarian tradisional wulang sunu dan senam Lansia.
     BKL Kusuma Hati maju lomba  Kelompok Bina Keluarga Lansia tingkat Jawa Tengah  mewakili Kabupaten Temanggung setelah sebelumnya berhasil keluar sebagai juara pertama lomba yang sama tingkat Kabupaten. Ketua BKL Kususma Hati Hj Niken Rakhmawati dalam paparannya mengatakan, BKL Kusuma Hati yang beranggotakan  para Lansia  baik pria maupun wanita selalu aktif berkegiatan. Berbagai kegiatan yang dilakukan diantaranya menggelar pertemuan rutin setiap bulan, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan serta senam bersama. Melalui kegiatan itu, para anggota yang rata-rata sudah berumur tua itu tingkat kesehatannya cukup baik, karena setiap ada ganguan kesehatan bisa terdeteksi  sejak dini sehingga secepatnya bisa dilakukan pengobatan. Selain itu melalui pertemuan rutin menumbuhkan rasa kebersamaaan dan kekompakan.
     Ditambahkan oleh Kepala UPT BKBPP Kecamatan Bansari Setyowati, Para lansia masih produktif di kegiatan pertanian antara lain pengepakan buah dan sayuran.  
     Ketua Tim Penilai  Dra Dra Drajat Susiloningsih menjelaskan, tujuan lomba  sebagai upaya pembinaan dan peningkatan  pengetahuan dan wawasan bagi Kelompok Bina Keluarga Lansia. Diharapkan melalui lomba,   peran Kelompok Bina Keluarga Lansia akan semakin termotivasi guna mendukung keberhasilan program Pemerintah dibidang pembinaan Keluarga lansia Materi penilaian  selanjutnya meliputi administrasi, kunjungan rumah, penyuluhan, rujukan kesehatan dan melihat langsung kegiatan BKL. Dia menambahkan dalam lomba kali ini BKL Kusuma Hati bersaing dengan BKL lain dari 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah  dan akan dipilih  3 pemenang  dengan kategori  juara  I, II dan teladan III.
     Bupati Drs. Hasyim Afandi mengatakan Angka pertumbuhan penduduk dikabupaten Temanggung  saat ini 0,35 % pertahun.  Oleh karena itu  lanjutnya, program KB menjadi urusan wajib  dan harus didukung oleh semua komponen masyarakat. Dengan demikian program pembangunan  tidak akan mempunyai nilai tambah manakala program KB tidak berhasil.
     “Keberadaan Kelompok Bina Keluarga Lansia sangat bermanfaat sebagai wadah berkegiatan para lansia  sehingga bisa  menjalani kehidupan dengan motto masa tua  bahagia, tetap berguna dan sejahtera“ tandasnya seraya menambahkan melalui lomba BKL  akan memacu mobilitas kegiatan para lansia  sehingga maju dan berkembang. (hms/Edy Laks).

Berita Terkait