Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MENINGKATKAN KETRENTAMAN DAN KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA

Kamis, 26 Mei 2011 Umum
MENINGKATKAN KETRENTAMAN DAN KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA

TEMANGGUNG, Bupati Temanggung dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) / Muspida Kabupaten Temanggung melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan di aula  kantor Kecamatan Tretep Kabupaten Temanggung (25/5).
     Bangsa Indonesia diciptakan oleh Tuhan dalam suasana kemajemukan, baik dari suku, ras, agama maupun budaya. Kemajemukan atau pluralitas bangsa adalah kenyataan hidup yang sudah menjadi kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa dan tidak saling mengganggu keimanan masing-masing pemeluk agama.
     Hal ini mengandung arti bahwa keanekaragaman pemeluk agama yang ada di Indonesia diberi kebebasan untuk melaksanakan ajaran agama sesuai keyakinannya masing-masing. Namun kebebasan tersebut harus dilakukan dengan tidak mengganggu dan merugikan umat beragama lain, karena terganggunya hubungan antar pemeluk berbagai agama akan membawa akibat yang dapat menggoyahkan persatuan dan kesatuan bangsa.
     Materi sosialisasi selain dari Bupati juga dari Ketua DRPD Temanggung Drs. M. Bambang Sukarno, Komandan Kodim 0706 Letkol Zainudin, Kapolres AKBP Kukuh Kalis Susilo, Kepala Kejaksaan Negeri Agus Budi Santoso, SH, MM dan Kepala Pengadilan Negeri Dwi Dayanto. SH. MH. 
     Bupati Temangung, Drs. Hasyim Afandi memberikan materi kerukunan antar umat beragama dalam perspektif pembangunan daerah dan dalam paparannya Bupati mengatakan bahwa untuk membangun kerukunan hidup antar umat beragama, serta mengurangi konflik sosial dan tindak kekerasan yang bisa terjadi di masyarakat, maka seluruh komponen bangsa harus menyamakan langkah dan meningkatkan persaudaraan yang kemudian diwujudkan dalam agenda-agenda yang kongkrit. Pesan elit politik dan pemuka agama haruslah menjadi garda terdepan dalam melaksanakan langkah-langkah menuju pada perbaikan dalam sistem bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
     Selanjutnya untuk melaksanakan dan melanjutkan pembangunan, Pemerintah Kabupaten Temanggung berupaya membina kerukunan umat beragama yang kokoh, yaitu melalui kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan ketahanan budaya. Guna kelancaran berjalannya roda pembangunan di Temanggung, maka semua lapisan masyarakat dalam setiap tingkatan perlu menjaga kerukunan antar umat beragama.
     Dalam sosialisasi tersebut juga dipaparkan masalah Ketentraman dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) oleh Kapolres AKBP Kukuh Kalis Susilo. Memantapkan persatuan dan kesatuan dalam perspektif agama dan kebangsaan oleh Komandan Kodim 0706 Letkol Zainudin. Pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan oleh Ketua DPRD Drs. M. Bambang Sukarno. Tanggung jawab pelaku dalam perbuatan pidana yang dilakukan secara massal oleh Kepala Pengadilan Negeri Dwi Dayanto. SH.MH dan Aspek hukum terhadap norma-norma kerukunan umat beragama oleh Kepala Kejaksaan Negeri Agus Budi Santoso, SH   
     Sosialisasi diikuti oleh Camat, Muspika, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama. Peserta sosialisasi juga sangat antusias, dari beberapa peserta mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan ketentraman umat terutama yang berkaitan dengan kejadian kerusuhan beberapa waktu lalu. Masyarakat merasa trauma dengan kejadian tersebut sehingga meminta pihak yang terkait untuk membantu menghilangkan rasa trauma itu.
     Semoga dengan adanya sosialisasi ini bisa membantu masyarakat untuk makin meningkatkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Temanggung. (Hms11/Des).

Berita Terkait