Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MTQ PELAJAR TINGKAT KABUPATEN

Sabtu, 28 Mei 2011 Sosial
MTQ PELAJAR TINGKAT KABUPATEN

TEMANGGUNG, Sabtu(28/05) di Pendopo Pengayoman Komplek Alon-alon Temanggung telah dibuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar Tingkat Kabupaten Temanggung. Hadir pada acara tersebut Bupati Temanggung, Drs. Hasyim Afandi, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Wakil Bupati Temanggung Ir. Budiarto,MT dan SKPD terkait.
     MTQ diikuti 372 pelajar SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dari 20 Kecamatan. Untuk SD/MI merupakan wakil dari Kecamatan sedangkan SMP/MTs dan SMA/MA/SMK utusan masing-masing sekolah/madrasah dan Peserta Panggilan oleh LPTQ Kabupaten Temanggung. 
     Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi sebelum membuka acara tersebut menyampaikan MTQ pelajar sebagai sarana prasarana yang dapat meningkatkan gairah generasi muda Islam khususnya pelajar dalam membaca, menghafal dan menghayati kitab suci Al Qur’an, yang pada gilirannya mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
     "MTQ bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan membaca dan menghafal Alquran sekaligus meningkatkan prestasi dan prestise umat Islam serta menjadi indikator yang lebih jelas untuk meningkatkan kwalitas beragama.
     Selanjutnya Bupati berharap MTQ pelajar untuk mencari kejuaraan didalam seni baca Al Qur’an juga hendaknya dapat dijadikan media untuk membekali diri agar menjadi mukmin yang sejati. MTQ juga dapat meningkatkan dan mendorong semangat bagi generasi muda khususnya pelajar dalam memahami, menghayati dan mengamalkan isi kandungan kitab suci Al Qur’an dan juga sebagai ajang untuk melatih dan membekali diri menuju hari esuk yang lebih Islami, guna meraih kesejahteraan dan kebahagiaan yang hakiki.
     Kepala Kementrian Agama Kabupaten Temanggung Drs. H. Puji Khamdani, M.SI  melaporkan pada tahun 2010 cabang yang dimusabaqahkan dibagi dalam cabang Tilawah Al Qur’an, Cabang Tartil Al Quran dan Cabang Tahfid Al Qur’an.
     Cabang Tilawah yang terbagi dalam golongan SD/MI Putra dan putri, SMP/MTS Putra dan Putri, dan SMA/SMK/MA putra dan putri. Cabang tartil golongan SD/MI Putra dan putri, SMP/MTS Putra dan Putri, dan SMA/SMK/MA putra dan putri.
     Juara I, II dan III MTQ Pelajar akan memperoleh Piagam Penghargaan, Trophy dan Uang pembinaan.    
     “Juara I MTQ pelajar akan mewakili Kabupaten Temanggung pada MTQ Pelajar Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Pekalongan pada awal Agustus mendatang” tambahnya.(Humas11/Paul).

Berita Terkait