Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENGURUS IPSI

Senin, 20 Juni 2011 Umum
PENGURUS IPSI KABUPATEN TEMANGGUNG DIKUKUHKAN

TEMANGGUNG, Disisi lain pencak silat mengandung unsur seni  yang mengajarkan gerakan indah enak ditonton. Dengan demikian pesilat  terampil   melakukan gerakan bela diri  yang bernilai seni. Demikain pula  unsur kerokhanian, pesilat dididik  mengolah  rasa batin  menjaga komunikasi yang seimbang   baik dengan Tuhan , manusia  maupun lingkungannnya.
    Dalam pencak silat  ada 5 unsur meliputi persaudaraan, olah raga, bela diri, seni dan kerokhanian. Pesaudaraan lanjutnya pesilat diajarkan bagaimana  mengembangkan nilai–nilai persaudaraan/ kemanusiaan. Pencak silat sebagai olah raga membentuk fisik yang bugar dan saat ini pencak silat  sudah mendunia ditandai  kejuaraan skala Internasional. Sedang pencak silat sebagai bela diri, pesilat diajarkan  mengembangkan pertahanan diri melalui gerakan tendangan, pukulan dan bantingan  untuk melumpuhkan lawan.
    Hal tersebut diungkapkan Sadwoko Heri Susatyo, SE, M.Si setelah dikukuhkan sebagai Ketua umum IPSI masa bakti 2011-2015 sabtu, (18/06) di gedung pramuka Jl. Gerilya Kabupaten Temanggung, dengan ketua harian H. Trinowo Harsono,S.Sos, wakil ketua I Muhammad Nasichin, S.Pdi, Sekretaris I R. Arif Mujiyono, SH, MSi.
    Dikatakan juga nilai positif yang diperoleh dari pencak silat yakni  bertujuan untuk membentuk pribadi manusia yang berbudi luhur, tahu  benar dan salah  berazaskan Pancasila. Dengan demikian  para pesilat akan tumbuh dan berkembang menjadi sosok pribadi yang tangguh, tanggap, tanggon dan trengginas  serta berakhlaq mulia.  Selain itu  juga  tumbuh sikap kepekaan sosial yang tinggi, suka menolong dan rela berkorban terhadap sesama maupun lingkungan.
    Sementara itu dalam waktu yang sama Ketua IPSI Jawa Tengah H.Sukahar, MBA saat melantik kepengurusan IPSI Temanggung menyampaikan pelantikan ini sebagai titik awal untuk menjalankan program IPSI untuk masa datang agar keberadaan pencak silat tradisional semakin eksis di masyarakat, dan berharap kepada pengurus yang baru agar selalu menjaga kepercayaan yang diemban dengan sebaik-baiknya dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” jelasnya.(Humas11/Paul).

Berita Terkait