Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMUNGUTAN SUARA

Rabu, 07 November 2012 Politik
Pelaksanaan Pemilu Legislatif Berjalan Lancar
HASYIM AFANDI MENCONTRENG DI TPS BESARAN

TEMANGGUNG, Pelaksanaan Pemilu Legilatif di Kabupaten Temanggung secara umum dapat berjalan lancar. Beberapa persiapan baik yang menyangkut logistic maupun persiapan lainnya khususnya di tingkat KPPS yang menjadi ujung tombak pelaksanaan pemilu dapat berjalan sesua jadwal. KPU Temanggung telah membagi logistic sejak H-5 ke semua PPK di 20 kecamatan dan selanjutnya H-1 harus sudah berada di tingkat KPPS.
     Dari pantauan di lapangan hingga pukul 14.00 WIB H-1, di sejumlah TPS sudah selesai melakukan persiapan dan hanya beberapa TPS yang masih melakukan pembenahan khususnya menyangkut kelengkapan tambahan. Ketua PPK Kecamatan Bansari, Waluyo mengatakan, persiapan di semua TPS pada umumnya berjalan dengan lancar karena masing-masing KPPS sudah mempersiapkan jauh hari baik yang menyangkut tempat maupun kelengkapan lainnya.
     “Banyak dari mereka (anggota KPPS-Red) yang sudah berpengalaman sehingga persiapan dapat dilakukan dengan matang. Mereka umumnya pernah menjadi anggota KPPS pada pelaksanan pemilu sebelumnya,” ujarnya.
Pembuatan TPS dilakukan dengan memanfatkan beberapa tempat seperti Balai Desa, Balai RT, sekolah, rumah penduduk maupun tempat kosong seperti lapangan maupun ruas jalan. Untuk menampung para pemilih yang hadir, dibeberapa TPS terpaksa dipasang tenda karena berada diruas jalan atau rumah penduduk. Sementara untuk peralatan tambahan seperti meja, kursi dan lainnya disediakan secara sukarela oleh penduduk.
     Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi bersama Tim Kabupaten lainnya melakukan pemantauan persiapan TPS pada hari H-1. Tim dibagi menjadi enam kelompok dan disebar di 20 kecamatan di seluruh Kabupaten. Tim Bupati memantau tiga kecamatan yakni Parakan, Kledung dan Bansari.
Bupati beserta rombongan meninjau beberapa TPS diantaranya TPS 1 Desa Paponan Kecamatan Parakan, TPS 4 Desa Kwadungan Gunung dan TPS 4 Desa Caturanom Kecamatan Kledung. Selanjutnya rombongan meneruskan peninjauan di Kecamatan Bansari yakni TPS 1 Desa Bansari, TPS 1 Desa Mranggen Kidul, TPS 5 Desa Balesari dan TPS 5 Desa Mojosari.
     Dalam kesempatan itu Hasyim meminta, para anggota KPPS untuk melakukan persiapan secara matang dan mengantisipasi kesalahan pada saat pemungutan suara. Terutama pada penghitungan suara harus dilakukan secara teliti dan hasilnya dapat dikirim sesuai mekanisme sehingga berada di KPU Kabupaten tepat pada waktunya.
     Selain itu, untuk menjaga kecurigaan agar semua saksi memperoleh copy hasil perolehan suara. “Jika perlu bekerja sama dengan toko fotocopy agar sewaktu-waktu dapat mengkopy hasil rekpitulasi suara di masing-maing TPS dan semua saksi langsung mendapatkan copynya,” imbuhnya.

Bupati Mencontreng di TPS Besaran
Pemungutan suara Pemilu Legislatif tahun 2009 yang dilaksanakan Kamis, (9/4) di Kabupaten Temanggung dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal dan tahapan yang ditentukan. Secara serentak acara pemungutan suara di TPS dibuka pukul 07.00 WIB dengan terlebih dahulu diawali dengan pelantikan anggota KPPS dan mengucapan sumpah. Semua kotak suara yang berjumlah empat dan masih bersegel mulai dibuka untuk mengeluarkan surat suara dengan disaksikan oleh para saksi yang hadir. Selanjutnya satu demi satu pemilih mendaftar dan melakukan proses pemungutan suara.
     Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi datang sekitar pukul 08.00 WIB di TPS 16 Besaran Keluarahan Parakan Kauman Kecamatan Parakan didampingi Ny. Lies Daryati Hasyim Afandi. Seperti pemilih lainnya, Hasyim mendaftarkan diri dan menunggu antrian hingga pada urutan ke 51. Dengan mengenakan pakaian batik warna merah, Hasyim selanjutnya mengikuti proses “pencontrengan” di salah satu bilik suara yang berjumlah empat.
     Suasana pemungutan suara di Kabupaten Temanggung membuat beberapa ruas jalan raya tampak sepi dan hanya beberapa kendaraan saja yang lewat. Beberapa bis “endel” antar kota masih kelihatan dan hanya sedikit saja kendaraan angkutan umum yang kelihatan. Selain itu pasar Kliwon Temanggung dan pasar Legi Parakan juga tampak lengang. Pertokoan di kota Temanggung dan Parakan juga sebagian besar tutup.
    Setelah melakukan pemungutan suara, Bupati beserta rombongan dari SKPD terkait melakukan pemantauan di sejumlah TPS yang berada di Kecamatan Parakan, Kledung dan Bansari. Bupati beserta rombongan berangkat sekitar pukul 10.30 WIB dari rumah kediaman di Desa Danurejo menuju lokasi. (hms/Arbai).

Berita Terkait