Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

NILAI SPIRITUAL

Selasa, 05 Juli 2011 Umum
Nilai Spiritual Untuk Mingkatkan Pengabdian

TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi menilai, hingga tiga tahun dalam masa tugasnya, pembangunan yang dilaksanakan masih banyak yang belum tercapai. Target kinerja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat masih belum optimal sesuai yang diharapkan. Hal ini banyak disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya sumber daya manusia yang kurang bekerja secara maksimal.
Demikian dikatakannya ketika menyampaikan pengajian dalam rangka Isro’ Mi’roj yang berlangsung di Graha Bhumi Phala, Sabtu (2/7). Pengajian dihadiri oleh segenap para pejabat dan karyawan di lingkungan Pemkab Temangung.
Bupati menambahkan, para pelaku birokrasi pada umumnya hanya menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya saja sehingga tidak ada peningkatan prestasi yang berarti. Oleh karena itu diperlukan percepatan secara penuh agar capaian kinerja dapat dilakukan sesuai dengan rencana yang sudah tertuang dalam target kinerja di masing-masing SKPD.
Oleh karena itu diperlukan evaluasi secara menyeluruh antara target kinerja dan capaian kinerja sehingga akan dapat diketahui tentang keberhasilan dan kegagalannya. Disamping itu, juga evaluasi yang menyangkut penggunaan anggaran. Untuk itu diperlukan penghitungan yang matang dalam penggunaan anggaran itu sehingga jangan sampai ada pemborosan.
“Masing-masing SKPD harus berhemat dalam penggunaan anggaran. Jika memang pekerjaan yang dilakukan merupakan pekerjan rutin sebaiknya tidak menambah anggaran operasioanal,” imbuhnya.
Dalam menjalankan birokrasi, sambung Bupati, tidak hanya sekedar mengedepankan aspek-aspek yang bersifat material belaka. Sebab, unsur birokrasi tidak hanya menyangkut fisik saja namun aspek sosial juga menjadi bagian yang sangat penting. Karena itu unsur spiritual menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam menjalankan birokrasi.
Penggunaan unsur spritual dalam birokrasi akan memperkuat mekanisme respon terhadap berbagai persoalan yang ada. Pelaku birokrasi akan memiliki kinerja yang bagus dan memilki daya saing. Hal ini disebabkan adanya unsur pengabdian dalam diri seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Bekerja bukan sekedar menyelesaikan pekerjaan, namun ada prestasi yang dicapai sehinga timbul kreatifitas dan peningkatan kinerja. (Arbai-Humas)

Berita Terkait