Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

AGAR SEJAHTERA, KELUARGA DIBANGUN TERENCANA

Rabu, 06 Juli 2011 Umum
AGAR SEJAHTERA, KELUARGA DIBANGUN TERENCANA

TEMANGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) menggelar resepsi  memperingati Hari Keluarga Nasional Tahun 2011  di halaman  kantor BKBPP Selasa (5/7).  Hadir dalam acara tersebut Bupati Drs. Hasyim Afandi, kepala BKPPP Masruchi  dan pejabat terkait.
     Bupati dalam sambutannya mengatakan, tema Harganas 2011  “Dengan semangat Hari Keluarga   Kita Mantapkan Program  Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional” menjadi sangat relevan  dengan  situasi sekarang, yakni  masalah kependudukan dan KB yang mesti dioptimalkan. Dengan demikian  angka pertumbuhan penduduk bisa dikendalikan  sehingga akan terwujud norma keluarga kecil bahagia sejahtera. Oleh karena itu seluruh keluarga, segenap jajaran BKBPP dan semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan  program KB. Selain mengejar target  menurunkan angka kelahiran  lanjutnya juga harus dibarengi mengejar target kesejahteraan.
     “Melalui program Keluarga berencana dan penjaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat akan sangat terkait secara krusial dan langsung berdampak pada peningkatan derajat kesejahteraan  masyarakat Mengikuti program Keluarga Berencana merupakan prasyarat mutlak  untuk membentuk keluarga ideal. Keluarga harus dibangun terencana“ tandasnya   seraya menambahkan pertumbuhan penduduk, kualitas sumber daya manusia yang rendah dan sempitnya kesempatan kerja  merupakan akar permasalahan kemiskinan.
     Menurutnya  terbentuknya keluarga ideal yaitu yang bahagia dan sejahtera baik lahir maupun batin. Untuk mewujudkan hal itu  mesti dibangun keluarga yang kecil  sehingga  kebutuhan  gizi, kesehatan dan pendidikan anak terpenuhi secara memadai. Hal itu berdampak adanya kesinambungan antara program peningkatan kesejahteraan masyarakat dan program keluarga berencana.
     “potret keluarga ideal merupakan cermin kekuatan masyarakat bangsa dan negara yang utuh dan bersatu. Keluarga yang sejahtera menjadikan keluarga damai dalam kehidupan yang saling menghormati, saling menghargai  baik sesama anggota  keluarga itu sendiri maupun antara keluarga yang satu dengan yang lain, sehingga  dapat melahirkan keluarga dan masyarakat yang berkepribadian dan bermoral tinggi serta sejahtera lahir batin“ tandasnya.
     Kepala BKBPP Temanggung Masruchi, SKM, MKes. Mengatakan guna memperingati Hari Keluarga  telah dilakukan berbagai lomba  diantaranya lomba PLKB teladan, BKB, BKL, BKR, PIKRR dan berbagai lomba lainnya. Khusus untuk lomba akseptor KB lestari 10 tahun bisa meloloskan  ke tingkat Nasional yang diraih Rabul dari Desa Tlogowungu Kecamatan kaloran. Selain itu juga digelar seminar  peningkatan deteksi dini kanker alat reproduksi dalam mendukung peningkatan  kesertaan Keluarga berencana. (Hms11/ Edy Laks).

Berita Terkait