Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

ANAK BURUH TANI TEMBAKAU MENDAPATKAN BEASISWA

Kamis, 07 Juli 2011 Sosial
ANAK BURUH TANI TEMBAKAU MENDAPATKAN BEASISWA

TEMANGGUNG - Sebanyak 105 anak buruh tani berprestasi di Temanggung menerima beasiswa pendidikan untuk melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi dari Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jateng bekerjasama dengan Djarum Fundation. Beasiswa secara simbolis diberikan Bupati Temanggung di Pendopo Pangayoman komplek rumah dinas Bupati Temanggung, Rabu (6/7).
     Siswa yang mendapatkan beasiswa ini  berasal dari 14 kecamatan sentra penghasil tembakau, yakni Tembarak, Selopampang, Tlogomulyo, Bulu, Kledung, Bansari, Parakan, Ngadirejo, Wonoboyo, Tretep, Jumo, Kedu, Temanggung, dan Bejen.
     Hadir dalam acara tersebut Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi, Wakil Bupati Temanggung Ir. Budiarto, MT, Forum Kordinasi  Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Temanggung, Ketua APTI DPD Jawa Tengah Wisnubrata, Perwakilan dari PT. Djarum, Tokoh Masyarakat, dan Petani Tembakau.
     Dari 105 anak itu, menurut Sekretaris APTI Temanggung Agus Setiawan, porsinya 70 persen untuk anak-anak buruh tani di daerah Temanggung atas, dan 30 persen sisanya di daerah bawah. Besar dana yang diberikan tidak sama untuk setiap anak, tergantung kebutuhan siswa di sekolah masing-masing.
     "Beasiswa diberikan sejak anak lulus SMP dan masuk SMA hingga mereka melanjutkan ke perguruan tinggi. Jika siswa mampu kita teruskan sekolahnya,"kata Agus, Rabu (6/7).
     Mereka, kata Agus, telah lolos seleksi penjaringan sejak Januari. Selanjutnya mereka berhak menerima beasiswa mulai dari biaya pendaftaran, uang gedung, ketrampilan, SPP, uang saku, dan perlengkapan sekolah. "Pokoknya semua semua beban sekolah akan ditanggung APTI peduli pendidikan,"kata Agus.
     Disamping itu Agus mengatakan, beasiswa ini akan diberikan secara periodik, setiap tahun sebanyak sekitar 105 orang anak per tahun. "Syaratnya mudah, yang penting mereka berprestasi dan anak buruh tani,"pungkasnya.
     Sementara itu Bupati Temanggung dalam sambutannya mengatakan Kuwalitas pendidikan adalah tombak  utama dalam memajukan pembangunan oleh karena itu diharapkan melalui pemberian beasiswa ini bisa menciptakan anak yang berkwalitas, anak yang berprestasi.
     Kepada APTI dan  Djarum Foundatian Bupati menyampaikan  terimakasih atas partisipasinya dalam mendukung mutu pendidikan di Kabupaten Temanggung, kepada Orang tua siswa yang mendapatkan beasiswa ini Bupati berpesan agar sesalu memantau dan mendukung dalam belajar jangan sampai setelah mendapatkan beasiswa anak menjadi turun prestasinya.(Humas11/Paul).

Berita Terkait