Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WABUP BUDIARTO SERAHKAN BANTUAN LDPM

Kamis, 14 Juli 2011 Sosial
WABUP BUDIARTO SERAHKAN BANTUAN LDPM

TEMANGGUNG, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Traji Kecamatan Parakan dan Desa Batursari Kecamatan Candiroto mendapat bantuan modal Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) tahun 2011 dan untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Bendungan Kecamatan Tretep memperoleh bantuan peralatan pengolah tepung jagung. Bantuan yang bersumber dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tersebut  diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Ir. Budiarto, MT kepada perwakilan petani penerima disaksikan Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan pejabat terkait dibalai desa setempat (12/7).
     Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan bantuan LDPM  maupun alat pengolah tepung jagung merupakan ujud kepedulian Pemerintah guna membantu  mobilitas kegiatan Gapoktan dan KWT supaya lebih meningkat, maju dan berkembang. Dengan demikian  para petani  dan wanita tani lebih leluasa beraktifitas dan berkreatifitas guna meningkatkan kesejahteraanya. Diharapkan bantuan tersebut dimanfaatkan  dan didayagunakan dengan sebaik-baiknya untuk menunjang kemakmuran petani khususnya dan masyarakat pada umumnya. Selain itu  petani ditekankan berkoordinasi dengan PPL maupun  pihak terkait  supaya  kegiatan usaha tani berjalan efektif dan efisien.
     “Hidup adalah realita  maka nikmati apa adanya dilandasai sikap bekerja keras, sabar, tawakal dan terus berusaha  niscaya segala kegiatan Gapoktan maupun wanita tani akan membuahkan hasil yang gemilang. Oleh karena itu dengan diterimanya bantuan LDPM dan alat pengolah tepung diberdayakan secara optimal  guna meningkatkan kesejahteraan“ pintanya seraya menambahkan untuk mencapai hasil yang besar mesti diawali langkah kecil dan tidak mudah menyerah.
     Kepala kantor Ketahanan Pangan Ir. Siam Dwi Astuti menjelaskan, bantuan LDPM  yang diterima Gapoktan Subur Makmur Desa Traji  sebasar Rp.150 juta dan untuk Gapoktan  Manunggal Desa Batursari Rp.16 juta. Sesuai ketentuan bantuan tersebut maksimal 30 % dimanfaatkan untuk membangun gudang dan sisanya untuk membeli gabah dan distribusi maupun uasha bisnisnya   sebagai cadangan pangan masyarakat. Sedang peralatan pengolah tepung jagung senilai Rp.15 juta  yang diterima  KWT Mekar Mandiri Desa Bendungan dimanfaatkan untuk mengolah tepung jagung  sebagai bahan dasar aneka ragam makanan berbahan jagung. 
     Koordinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan  parakan Muh Yani dan  Kecamatan Candiroto Suradi  mengatakan, diberikannya bantuan LDPM sangat  bermanfaat untuk meningkatkan kegiatan usaha Gapoktan  supaya  semakin maju dan berkembang sehingga kehidupan petani lebih sejahtera.
     Hal senada juga diutarakan      Koordinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan  Tretep Widiyatno mengatakan,  diterimanya bantuan peralatan pengolah tepung jagung berguna menunjang kegiatan wanita tani dalam membuat aneka makanan berbahan dasar jagung. Selama ini lanjutnya, dalam membuat tepung dilakukan secara manual sehingga tidak optimal, namun dengan adanya bantuan alat tersebut akan mempercepat  pekerjaan dan tepung yang dihasilkan akan lebih banyak.
     Udiyono perwakilan petani desa Traji menyampaikan  penghargaan  dan apresiasi yang tinggi kepada Pemprov Jateng  yang telah memberikan bantuan. Diterimanya   bantuan LDPM tuturnya sangat  bermanfaat  guna membangun gudang  serkaligus  membeli gabah sebagai  cadangan pangan bagi masyarakat. Dengan demikian kegiatan usaha yang dijalankan Gapoktan semakin berkembang sehingga  lebih sejahtera.(Hms11/Edy Laks)

Berita Terkait