Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BUPATI TERIMA PENGHARGAAN BAKTI KOPERASI

Kamis, 14 Juli 2011 Umum
BUPATI TERIMA PENGHARGAAN BAKTI KOPERASI

TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi mendapat tanda kehormatan  bakti koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM) dari Pemerintah pusat. Tanda kehormatan  yang berupa lencana dan sertifikat diserahkan secara simbolis oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istora senayan Jakarta Selasa kemarin (12/7).
    Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Ir. Rony Nurhastuti  dikantornya Rabu (13/7) menjelaskan, Bupati memperoleh penghargaan  tanda kehormatan bakti koperasi dan UKM  dari Pemerintah  karena keberpihakannya dalam mendorong dan meningkatkan  kinerja koperasi  dan UKM. Diutarakan  kiprah Bupati  tersebut  membuahkan hasil  pertumbuhan koperasi dari tahun ketahun terus meningkat baik sisi kualitas maupun kuantitas. Pertumbuhan tersebut diantaranya saat ini sudah berdiri  6 koperasi pasar  daerah, bahkan untuk koperasi pasar Kliwon  Temanggung kini mampu berkembang  dengan mengelola MCK sehingga dapat memasukkan  kontribusi  Pendapatan Aseli Daerah (PAD). Keberadaan koperasi pasar ujarnya sangat efektif untuk menanggulangi  pelepas uang di pasar-pasar yang sangat memberatkan pedagang.
    Disamping itu  Bupati juga aktif  memotivasi   sejumlah koperasi yang tidak aktif agar  melakukan  penilaian  terhadap kesehatan koperasinya  dan kembali berkegiatan menjalankan usahanya  sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sedang dibidang pembangunan Usaha  Kecil Mikro diberikan   pelatihan, bantuan peralatan dan modal serta memfasilitasi  promosi berbagai produk UKM diberbagai event pameran baik skala local, regional maupun nasional.
    “Saat ini di Kabupaten Temanggung sudah berdiri sedikitnya 452 koperasi dan 23.672 UKM yang tersebar di 20 Kecamatan. Dari 452 koperasi, 78 % diantaranya  aktif berkegiatan diberbagai   bidang usaha seperti simpan pinjam, angkutan, pertanian  dan serba usaha. Sedang UKM sebagian besar bergerak disektor industri pangan” tandasnya seraya menambahkan  sektor koperasi mampu menyerap tenaga kerja 42.635 orang dan UKM 55.746 orang. (Hms11/Edy Laks)

Berita Terkait