Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Angin Puting Beliung

Senin, 09 Pebruari 2009 Bencana
PASAR TANI KLEDUNG ROBOH DITERJANG ANGIN

TEMANGGUNG -Pasar tani Desa Kwadungan Jurang Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung kemarin roboh diterjang angin kencang. Dalam musibah itu tidak ada korban jiwa, hanya menimbulkan kerugian material senilai Rp. 36 juta.
Menurut saksi mata Priyati (35) yang sehari-hari berjualan di pasar itu menuturkan, sebelum pasar roboh dirinya bersama rekannya Setyani (34) masih menjajaklan dagangannya didalam pasar. Tiba-tiba turun hujan disertai angin yang bertiup kencang . Tak lama kemudian bangunan pasar yang terbuat dari papan kayu itu terasa bergoyang-goyang disertai suara gemretek . Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kemudian mengemasi barang dagangannya berupa sayuran dibawa keluar meninggalkan pasar. Karena hujan lebat barang dagangan tidak langsung bisa dibawa pulang, melainkan berteduh di rumah warga yang tak jauh dari pasar.
Hujan bertambah lebat dan tiupan angin semakin kencang disertai suara gemuruh. Beberapa saat kemudian pasar roboh rata dengan tanah . Seluruh bangunan yang terbuat dari kayu berikut gentengnya rusak tuturnya.
Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Ir. Ronny Nurhastuti menjelaskan , robohnya pasar tani murni karena musibah alam, bukan menyalahi spek bangunan. Proyek pasar yang dibiayai dari sumber alokasi dana tunjangan pembiayaan daerah APBN senilai Rp.36 juta diduga tidak kuat diterpa angin kencang . Pasar itu dibangun secara swakelola oleh kelompok tani Desa Kwadungan Jurang diatas tanah bengkok desa. Konstruksi bangunan seluruhnya dibuat dari kayu papan dan genteng pres.
Diutarakan, luas bangunan pasar berukuran 4 X 22 meter dengan kapasitas dapat menampung 12 pedagang , namun selama ini baru 4 pedagang yang menempati. Mereka menjual aneka sayuran dan sembako. Pembangunan pasar bertujuan untuk menampung sekaligus menjual berbagai hasil pertanian warga sekitar . Dengan robohnya pasar kini para pedagang praktis tidak bisa berjualan .Dalam waktu dekat direncanakan kerusakan pasar akan diperbaiki . (Edl/Hms).

Berita Terkait