Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Jelajah Wisata

Rabu, 20 Juli 2011 Sosial
Masyarakat Kedu Gelar Jalajah Wisata

Temanggung Warga masayarakat Kecamatan Kedu menggelar jelajah wisata budaya religi dan grebeg Makukuhan Minggu ( 17/7). Acara  yang baru pertama kali diselenggarakan itu dihadiri wakil Bupati Budiarto dan pejabat Forum KOmunikasi Pimpinan Daerah, perwakilan dari Kraton Jogya, alim ulama  dan pejabat terkait .
    iJelajah wisata ditandai dengan kirab mengarak gunungan hasil tani, wayang kedu ,  patung ayam cemani, patung kucing  dan burung perkutut yang merupakan warisan ki ageng Makukuhan. Selain itu  dimeriahkan drum band SMP Negeri 1 Kedu dan pawai jajaran perangkat desa dan  kesenian tradisional  dari 14 desa , seperti kuda lumping, dayakan, kubro siswo dan rebana. Kirab dan pawai  diberangkatkan dari pasar kedu melewati jalan raya  ke timur dan berkahir dikomplek makam ki ageng makukuhan .Usai kirab  dilanjutkan khaul ki ageng Mkukuhan dengan membaca tahlil dipimpin Gus Amin dari Magelang . Disepanjang rute perjalanan , iringan-iringan kirab dan pawai mendapat sambutan hangat ribuan penonton.
    Wakil Bupati Budiarto  dalam sambutannya menyatakan menyambut positif atas digelarnya jelajah wisata budaya reliji dan gerebeg Makukuhan . Diharapkan acara tersebut bisa  dikembangkan dimasa-masa mendatang sebagai wahana  untuk melestarikan  budaya warisan nenek moyang  sekaligus  guna menarik wisatawan.
    Camat Kedu Istantiyono  menjelaskan  petilasan  makam Ki ageng Makukuhan merupakan asset  yang  layak dikembangkan sebagai salah satu obyek wisata religi seperti makam Walisongo. Selain itu  Kecamatan Kedu juga memiliki potensi  budaya berupa wayang kedu  dan berbagai kesenian tradisional serta  ayam cemani . Oleh karena itu melalui jelajah wisata budaya dan gerebeg Makukuhan  diharapkan  aset makam  ki ageng Makukuhan  bisa berkembang menjadi obyek wisata religi unggulan . ( Humas/Edy Laks ).

Berita Terkait