Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WABUP SERAHKAN BANTUAN

Rabu, 03 Agustus 2011 Sosial
WABUP SERAHKAN BANTUAN

TEMANGGUNG, Serangan hama tikus membuat  para petani mengalami gagal panen. Seperti di Desa Gambasan, Kecamatan Selopampang,  Kabupaten Temanggung terpaksa  para petani harus pasrah melihat sawah mereka di serang hama tikus.
     Dengan keadaan ini masyarakat diminta untuk selalu tabah karena ini merupakan cobaan bagi petani. Kedepan diharapkan para petani tetap termotivasi demi mempertahankan ketahanan pangan, hal ini disampaikan Wakil Bupati Temanggungn Ir. Budiarto,MT didampingi Kepala Ketahanan Pangan Ir.Siyam Dwi Astuti, saat  memberikan bantuan beras kepada  para petani yang gagal panen  di desa Gambasan Selopampang Sabtu (30/07).
     Wakil Bupati mengatakan, bahwa bantuan beras merupakan wujud kepedulian Pemkab guna meringankan beban petani, dan memberi semangat serta dukungan kepada masyarakat  yang gagal panen akibat hama tikus. Serangan hama tikus ini, ujarnya, merupakan cobaan Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena itu diminta tabah dan sabar dalam menerima cobaan, karena dibalik cobaan pasti ada hikmah positif untuk kebaikan umat.
     Kepala kantor Ketahanan Pangan Ir. Siam Dwi Astuti menjelaskan,bantuan ini diberikan kepada petani desa Gambasa yang  masing-masing mendapatkan 30 kg beras. Sedang hamparan tanaman padi yang diserang tikus seluas 171,8 hektar, dinyatakan puso.
     Sementara Kepala Desa Gambasan Drs.Wahyu Cinto Gumono menyampaikan bahwa hampir setiap tahunnya pertanian di desanya mengalami gagal panen. Untuk itu kami telah menyediakan lumbung desa guna mengurangi kesulitan masyarakat. Wahyu juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah yang telah memberikan bantuan. Diharapkan  bantuan yang diberikan akan bermanfaat untuk masyarakat.
     Pada waktu yang sama Wabub juga menyerahkan bantuan Program Desa Mandiri Pangan (DMP) tahun  2011 kepada kelompok afinitas di Desa Ngaditirto Kecamatan Selopampang yang telah mengembangkan budidaya holtikultura, peternakan, pertanian dan pengolahan hasil pertanian berbahan ubi kayu dan jagung.
     Program ini merupakan kegiatan  yang berkelanjutan dan berkesinambungan untuk mewujudkan ketahanan masyarakat dalam upaya mencapai tujuan pertama millinium develoment Goals (MDGs) yang mengurangi angka kemiskinan.
     Bantuan diberian kepada kelompok Condong Raos sebesar  Rp. 17.000.000, Harapan Makmur Rp. 21.000.000,-, Lestari Rp. 17.150.000,-, Harapan Makmur II Rp. 21.750.000,- dan Tirto Asri Rp. 23.000.000,-. Desa Ngaditirto merupakan desa pertama kali di Kabupaten Temanggung yang mendapatkan  bantuan Program DMP.(Hms11/Paul).

Berita Terkait