Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BUPATI LANTIK 246 KEPALA SEKOLAH

Kamis, 25 Agustus 2011 Pendidikan
BUPATI LANTIK 246 KEPALA SEKOLAH
Jangan Sering Tinggalkan Sekolah


TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi mengambil sumpah dan melantik 246 kepala Sekolah mulai tingkat SD, SLTP dan SLTA. Pengambilan sumpah dan pelantikan berlangsung di pendopo Pengayoman Rabu (24/8)  ditandai dengan penanda tanganan berita cara pengabilan sumpah disaksikan pejabat terkait.
    Dalam sambutannya Bupati mengatakan, para Kasek yang dilantik tersebut, sebagian merupakan hasil pengangkatan atau promosi Kasek baru, dan sebagian lagi adalah Kasek yang megalami perpanjangan masa jabatannya. Mereka diperpanjang jabatannya kareka selama ini dinilai berprestasi.
    ''Pelantikan Kasek saat ini jumlahnya cukup banyak, karena selain Kasek hasil pengangkatan juga termasuk Kasek yang mengalami perpanjangan jabatan. Pengangkatan jabatan Kasek dilakukan dengan mempertimbangkan banyak faktor. Antara lain, daftar urut kepangkatan, pendidikan, riwayat jabatan, pendidikan jabatan, prestasi, karakter individu, dan lain-lain. Di samping itu, mereka juga telah lolos seleksi ujian sebagai Kasek. '' tandasnya.
    Menurutnya, pengangkatan dalam jabatan Kepala Sekolah  dilaksanakan karena telah berakhirnya periodisasi seorang Kasek sebagaimana diatur dalam Keputusan Mendiknas tentang penugasan guru sebagai Kasek. Selain itu, juga karena para Kasek sebelumnya, telah memasuki masa purna tugas.
    Sebelumnya, Bupati mengungkapkan, sesuai keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 0294/U/1996 tentang penugasan guru PNS sebagai Kasek di lingkungan Depdikbud, masa tugas Kasek adalah empat tahun. Kemudian, dapat diperpanjang satu masa tugas berikutnya (periode kedua), jika berprestasi dengan nilai minimal cukup dari periode masa tugas pertama.Kemudian, dapat diperpanjang lagi ke masa tugas ketiga, apabila dalam masa tugas yang kedua mendapatkan nilai amat baik.
    Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga berpesan kepada Kasek yang baru dilantik, dan seluruh Kasek di Kabupaten Temanggung pada umumnya, agar tidak sering meninggalkan sekolah atau anak didiknya. Pesan tersebut disampaikan, mengingat selama ini seringkali terjadi Kasek meninggalkan sekolah untuk acara-acara di luar.
    ''Saya harap Kasek bisa mengerami siswa-siswanya, jangan sering meninggalkan sekolah, dengan alasan menghadiri acara organisasi atau lainnya. Biasanya, sekolah yang sering ditinggalkan Kasek-nya, prestasi siswanya menjadi kurang,''tuturnya seraya menambahkan, dalam menjalankan tugas, pejabat harus berpegang pada prinsip yuridis/normative, prosedur dan obyektif dengan mengedepankan kerja keras, jujur dan tidak korupsi.
    Kepala Badan Kepegawaian Daerah Drs. Sutikno menjelaskan  Kepala Sekolah yang disumpah dan dilantik terinci  SMK 1 orang, SMA 4 orang, SMP 25 orang, SD 215 orang dan SDLB 1 orang. Sementara itu, khusus untuk Kasek SMK dan SMA yang dilantik kemarin, semuanya diisi oleh Kasek yang sebelumnya telah menjabat, atau mengalami perpanjangan tugas. Mereka adalah Hendro Martono (Kasek SMKN 2 Temanggung), Wasito (SMAN 1 Temanggung), Suryanto (SMAN 2 Temanggung), Darmadi (SMAN 1 Pringsurat) dan Supriyanto (SMAN 1 Candiroto). (Hms11/Edy Laks ).  

Berita Terkait