Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA TANGGUNG JAWAB BERSAMA

Senin, 17 Oktober 2011 Keagamaan
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA TANGGUNG JAWAB BERSAMA
 
TEMANGGUNG, Kerukunan umat beragama  menjadi tanggung jawab bersama umat beragama, pemerintahan daerah dan pemerintah. Oleh karena itu para tokoh agama dan tokoh masyarakat dan elemen masyarakat lainnya  membangun silaturahmi  guna mewujudkan kerukunan antar umat beragama. 
     Hal itu dikemukakan Ketua Forum Kerukunan Umat Bergama (FKUB) Temanggung HM Faizun  dalam  acara dialog  dengan  kalangan pemuda di Kodim 0706 Temanggung Jum’at kemarin  (14/10). Hadir dalam acara itu Komandan Kodim Letkol Infantri Zainuddin, segenap pengurus dan anggota FKUB, Ketua KNPI Tomy Eka Kartika  dan diikuti berbagai organisasi kepemudaan serta Badan Ekskutif Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi.
     “Indonesia memang majemuk dan keberagaman itu harus dijadikan sebagai kekuatan bukan sebaliknya. Perbedaan agama jangan dibesar-besarkan, namun hendaknya carilah nilai kesamaannya sehingga bisa hidup rukun saling toleransi. Agama mana pun tidak ada yang mengajarkan kekerasan” tandasnya seraya menambahkan bahwa kerusuhan massa yang terjadi usai sidang penistaan agama dengan terdakwa Antonius Richmond Bawengan, pada 8 Februari   yang lalu bukan konflik antar agama tetapi kasus pidana murni.
     Dia mengungkapkan, untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama, diharapkan silaturahmi dapat ditingkatkan sehingga semua pihak dapat saling menghormati. Oleh karena itu pihaknya akan terus berupaya  mengoptimalkan fungsi Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB).
     Ketua KNPI Tomy Eka Kartika melalui  dialog  dengan FKUB, para pemuda  diharapkan memiliki kepedulian dan tambahan wawasan tentang pentingnya  membangun kerukunan umat beragama ditengah kebinekaan. Pemuda yang tergabung dalam wadah KNPI siap menjadi garda terdepan untuk menjaga kerukunan umat bergama sehingga kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara  berjalan  sejuk dan damai.
     Seusai dialog, dilanjutkan kegiatan bhakti sosial menyerahkan bantuan beras dan mie instan untuk Panti asuhan yatim Darul Khadonah Kauman Temanggung, Panti Asuhan  yatim putra Muhammadiyah Kertosari, Ponpes Darul Mustofa Nguwet Kranggan dan korban kebakaran Desa Tempelsari Kecamatan Tretep.(Hms11/Edy Laks) 

Berita Terkait