Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WABUB SERAHKAN BANTUAN

Kamis, 20 Oktober 2011 Sosial
WABUB SERAHKAN BANTUAN

TEMANGGUNG, Terjadinya serangan hama tikus pada tanaman padi mengakibatkan para petani di Kabupaten Temanggung gagal panen, tidak hanya akibat tanaman padinya diserang tikus namun karena musim kemarau pada tahun ini membuat petani sebagian daerah juga mengalami gagal panin.
     Di kecamatan Kandangan para petani yang  mengalami gagal panen mendapat bantuan beras dari Pemkab Temanggung. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Ir. Budiarto, MT kepada perwakilan petani penerima disaksikan Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan pejabat terkait dibalai desa Margolelo, Rabu (19/10).
     Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan bantuan beras merupakan ujud kepedulian Pemkab guna meringankan beban petani yang gagal panen akibat tanaman padinya diserang tikus dan karena  musim kemarau tahun ini. Kegagalan panen ini merupakan cobaan dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena itu petani diminta tabah dan sabar menerima cobaan, karena dibalik cobaan pasti ada hikmah positif untuk kebaikan umat.
     Wabub menambahkan untuk meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan para petani, pada tahun ini pemerintah akan menguji coba tanaman ketahanan pangan yaitu koro pedang. Disampaikan, koro pedang dapat menghasilkan 2 ton/ha, selain itu koro pedang juga bisa dimanfaatkan untuk susu, tempe dan masih banyak manfaat lainnya sebagai penunjang ketahanan pangan.       
     Kepala kantor Ketahanan Pangan Ir. Siam Dwi Astuti menjelaskan, petani di Kecamatan Kandangan  yang menerima bantuan sebanyak 1.394 orang dari delapan Desa yaitu desa Kandangan, Gesing, Kedungumpul, Wadas, Caruban, Baledu, Malebo, Margolelo, dan Kedawung. Di waktu yang bersamaan juga diserahkan bantuan beras kepada petani yang gagal panen untuk daerah Kaloran yaitu desa Tepusen yang menerima bantuan 4.000 Kg untuk 237 orang. Sedang hamparan tanaman padi yang diserang tikus seluas 550  hektar.(Hms11/Paul).

Berita Terkait