Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

AGAR SEJAHTERA, USAHA TANI DIOPTIMALKAN

Kamis, 27 Oktober 2011 Umum
AGAR SEJAHTERA, USAHA TANI DIOPTIMALKAN

TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi minta  petani berpikir maju,  kaya inovasi mengoptimalkan usaha tani yang dijalankan. Dengan menanam komoditas unggulan maka  produksi pertaniannya meningkat  sehingga mampu bersaing dan hidupnya lebih sejahtera.
     Permintaan itu disampaikan Bupati  pada acara  Gebyar Ekonomi Rakyat  di Balai Penyuluhan Bambu Runcing Kecamatan Parakan Senin (24/10). Gebyar ekonomi Rakyat ditandai dengan petik panen perdana cabe TM 99 di lahan setempat oleh Bupati disaksikan  pimpinan DPRD, Pejabat Badan Penyuluh Provinsi, Kepala Badan Pelaksana  Penyuluhan Kabupaten, Camat dan  Muspika Kecamatan Parakan  dan pejabat terkait. Seusai petik panen, dilanjutkan meninjau  pameran berbagai produk pertanian dan home industri  Kelompok Wanita Tani  serta sanggar penelitian ular “Tullala“. Pada kesempatan itu Bupati berkenan foto bersama  dengan menggendong ular . 
     “Supaya sejahtera, petani harus menanam cengkir (Kecenge Pikir) yakni  Dengan mengembangkan pola berpikir maju,  kreatif, inovatif dan produktif, petani tahu persis komoditas apa yang ditanam dan kapan harus menanam supaya hasilnya banyak  dan pada saat panen  harganya mahal. Pola berpikir tradisional yang kurang memperhatikan  tata cara bertani secara modern mesti ditinggalkan“ tandasnya.
     Menurutnya  petani era sekarang sudah waktunya  berfikir dan bekerja produktif  selaras dengan perkembangan teknologi pertanian. Filosofi itu artinya petani  mesti  mau mencoba berpikir maju  belajar dan terus belajar  dalam bercocok tanam  selektif memilih komoditas unggulan, produktifitas tinggi dan  prospek pasar  cerah seperti  cabe  jenis TM 99   guna menghasilkan uang. OLeh karena itu  menyambut positif upaya Balai Penyuluhan Bambu Runcing Parakan  mengembangkan cabe jenis unggul  sebagai percontohan. Hal tersebut  dinilai sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan petani  dan diharapkan terus dikembangkan di masa mendatang.
     Seusai memberikan sambutan, Bupati mencanangkan   Balai Penyuluhan Bambu Runcing sebagai  Balai Penyuluhan Model Jawa Tengah tahun 2011 ditandai dengan pembukaan selubung papan nama.
     Ketua Panitia Gebyar Ekonomi  Muh Yani, STP, SPKP menjelaskan,  Gebyar Ekonomi Rakyat bertujuan mempromosikan produk  yang dihasilkan  masing-masing desa sesuai  potensinya. Memberi percontohan petani dalam berbudidaya  cabai secara intensif.Selain itu meningkatkan motivasi peran serta masyarakat dalam bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, industri rumah tangga dan pengolahan hasil.
     “Melalui Gebyar Ekonomi Rakyat ini sekaligus bertujuan  meningkatkan  ketahanan pangan, daya saing dan nilai tambah produk olahan pertanian  di Kecamatan Parakan. Disisi lain untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pelaku utama dan pelaku usaha pertanian sekaligus menjalin kerjasama dengan stakeholder di bidang pertanian dalam arti luas”  ujarnya.
     Terkait program pengembangan  penanaman cabe jenis TM 99 merupakan program  percontohan  bagi petani. Keunggulan cabe jenis TM 99 tanaman kokoh dan buahnya panjang dan lebat. Selain itu tahan penyakit dan masa produksinya panjang, rasa pedasnya sangat terasa.
     “Uji coba ini bertujuan untuk menyebarluaskan  hasil percontohan budidaya cabe TM 99 yang memiliki keunggulan lebih dibanding jenis cabe yang lain. Dengan menaman jenis cabe ini, petani berpeluang besar memperoleh hasil yang banyak guna meningkatkan kesejahteraannya“ tandasnya.(Hms11/Edy Laks)

Berita Terkait