Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TERUS BANGKIT DAN BEKERJA KERAS

Sabtu, 05 November 2011 Ketahanan Pangan
TERUS BANGKIT DAN BEKERJA KERAS

TEMANGGUNG, Jawa Tengah bukanlah  daerah gurun pasir, Jawa Tengah  memiliki tanah yang subur yang kaya sumber air, semua tanaman akan tumbuh subur dan memiliki potensi tinggi, untuk itu di Jawa Tengah tidak ada istilah kekurangan panggan, hal ini dikatakan Gubernur Jawa Tengah  H. Bibit Waluyo pada acara KaBi Herbal di Soropadan Agro Expo Pringsurat Temanggung, Kamis (3/11).
     Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pertanian  Provinsi Jawa Tengah, Direktur Perusahan Jamu, Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi, dan Perwakilan kelompok Tani Masyarakat Se-Jawa Tengah.
     Gubernur meminta kepada pelaku pertanian untuk lebih rajin mengayunkan cangkul mengolah tanah dan terus bangkit bekerja keras demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah. 
     Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah menyampaikan terbatasnya informasi tentang potensi produk-produk unggulan kacang-kacangan, umbi-umbian dan tanaman obat di berbagai daerah di Jawa Tengah memberi dampak terhadap kurang dikenalnya potensi produk dan para pelaku usaha oleh para investor dan kalangan pemasar baik domestik maupun manca negara.
     Untuk itu Perlu adanya  sarana percontohan untuk mensosialisasikan adopsi berbagai teknologi di lapang dalam budidaya tanaman kacang-kacangan, umbi-umbian dan tanaman obat.
     Diperlukan juga sarana pendukung berupa pameran untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang berbagai produk kacang-kacangan, umbi-umbian dan tanaman obat unggulan sebagai upaya mengimbangi produk impor yang semakin banyak dan kualitasnya belum tentu baik.
     Perlunya gerakan mencintai, mengapresiasi dan mengkonsumsi produk olahan kacang-kacangan dan umbi-umbian sebagai pangan alternatif oleh generasi muda dan masyarakat luas.
     Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan display lahan budidaya berbagai tanaman kacang-kacangan, umbi-umbian dan tanaman obat, display Stand Pameran/Promosi, Aneka Lomba, seperti  Lomba Makanan berbahan baku kacang-kacangan dan umbi-umbian, Lomba Merangkai Tanaman Obat, Lomba Stand Pameran.
     Kegiatan ini diakhiri dengan  Gerakan mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat non beras berbahan baku kacang-kacangan dan umbi-umbian, dan Temu Wicara Gubernur dengan masyarakat petani, pedagang, peneliti dan pelaku usaha agribisnis kacang-kacangan, umbi-umbian dan tanaman obat. (Hms11/Paul).

Berita Terkait