Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WAWASAN KEBANGSAAN MULAI BERKURANG

Jumat, 11 November 2011 Umum
WAWASAN KEBANGSAAN MULAI BERKURANG

TEMANGGUNG, Bertempat di Pendopo Pengayoman Komplek Rumah Dinas Bupati Temanggung, Rabu (9/11) diselenggarakan Road Show Sosialiasi Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika dan Putusan MPR RI. Hadir pada acara pembukaan tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan Nara sumber dari MPR RI.
     Dalam sambutanya Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya menegakkan Pilar-pilar Kebangsaan yaitu tegaknya Pancasila UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.
     Ditambahkan, bahwa di era reformasi yang terus bergulir pemahaman wawasan kebangsaan mulai berkurang. Hal ini disebabkan dari beberapa faktor antara lain adanya sebagian masyarakat berkeinginan untuk tidak lagi masuk dalam wilayah NKRI, pengutamaan kepentingan kelompok dan golongan sehingga kepentingan Bangsa dan Negara dikesampingkan bahkan di korbankan, dan Lunturnya penghormatan kepada simbol-simbol negara.
     Selanjutnya, pemahaman wawasan kebangsaan yang mulai berkurangakan berpengaruh pada situasi lokal termasuk wilayah Kabupaten Temanggung yang secara kultur maupun geografis rawan munculnya permasalahan baik menyangkut masalah indeologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya maupun kerawanan lainnya.
     Narasumber Sosialisasi tersebut dari MPR RI Mahfud  dan sebagai peserta dalam sosialisasi para guru PPKN se Kabupaten Temanggung. Dengan harapan nantinya akan memberikan hasil sosialisasi kepada anak didik selaku generasi muda guna meningkatkan pemahaman tentang wawasan kebangsaan.(Hms11/pakDhe)

Berita Terkait