Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SEMINAR SEHARI “DIARE” PENATALAKSANAAN TERKINI

Senin, 10 Agustus 2009 Kesehatan
SEMINAR SEHARI “DIARE” PENATALAKSANAAN TERKINI

TEMANGGUNG, Sabtu (8/8) di Graha Bhumi Phala Setda Temanggung, dilakukan Seminar sehari Diare Penatalaksanaan Terkini, yang diselenggarakan kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, RSUD “Djojonegoro” Temanggung dan IDI Cabang Temnggung. Yang dikuti oleh dokter spesialis, dokter umum, paramedic, masyarakt pemerhati kesehatan.  Sebagai pembicara dalam seminar Dr. Muhammad Hussein Gasem, SpPD, KPTI, PhD, Dr. I. Hartantyo SpA(K), Drs. Budi Hartanto, dan Apt. Darmayanti DMA.
     Ketua Panitia dr. Basuki Sutantoro, Sp.S melaporkan bahwa Diare yang terjadi di Kabupaten Temanggung pada Balita sampai dengan Mei 2009 sejumlah 3.970 kasus sedangkan  pada tahun 2008 terjadi 8.896 kasus. Secara keseluruhan di Kabupaten Temanggung sampai dengan Mei 2009 terjadi 7.749 kasus dan pada tahun 208 terjadi 17.956 kasus.
     Bupati Temanggung yang diwakili oleh Drs. Bambang Arochman, MM Sekda Temanggung dalam sambutannya meskipun pada saat ini terjadi pergeseran pola penyakit dari penyakit infeksi kearah penyakit degerative dan keganasan. Namun demikian penyakit seperti diare masih menjadi problem di Kabupaten Temanggung, hal ini terbukti di Kabupaten Temanggung masih secara sporadic ditemukan kejadian luar biasa (KLB) diare sampai menimbulkan kematian.
     Dengan dukungan dari partisipasi seluruh lapisan masyarakat maka pencegahan diare juga dapat ditingkatkan, adanya kebijakan pemerintah untuk mendukung hal tersebut antara lain dengan memberi penyuluhan dan pengertian tentang pemahaman hidup bersih, membiasakan mencuci tangan, dan program pengadaan air bersih dan nutrisi yang sehat untuk masyarakat.
     Salah satu pembicara Dr. Muhammad Hussein Gasem, SpPD, KPTI, PhD Divisi Penyakit Infeksi dan Tropik Bag/SMF Penyakit Dalam FK. Undip-RSUP Dr. Kariadi menyampaikan “Diare akut pada orang dewasa Pendekatan diagnosis dan penatalaksananya”. Bahwa masih menjadi problem kesehatan masyarakat di seluruh dunia dengan angka kejadian yang tinggi, baik negara belum/sedang berkembang maupun dinegara maju. Pendekatan diagnosis tidak banyak berbeda hanya etiologi diare, terutama diare akut, sangat bervariasi karena dipengaruhi hygiene perorangan dan sanitasi lingkungan. Diare akut sebagian besar disebabkan oleh infeksi (diare enfektif). Keracunan makanan merupakan keadaan klinis penting pada diare akut dimana etiologinya umumnya bakterial. Sebagian besar diare akut bersifat ringan dan sembuh sendiri. Tetapi diare akut dapat mengancam kehidupan akibat dehidrasi berat yang menyebabkan syok hipovolemik stau syok septic jika terjadi infeksi berat. (Hms09/pakDhe)

Berita Terkait