Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

AGAR LINGKUNGAN LESTARI, BUPATI AJAK WARGA TANAM POHON

Senin, 21 November 2011 Umum
AGAR LINGKUNGAN  LESTARI, BUPATI AJAK WARGA TANAM POHON

TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi megajak segenap  pimpinan SKPD, pimpinan lembaga, pelaku dunia usaha, pimpinan sekolah  dan segenap warga masyarakat melakukan gerakan menanam pohon. Hal itu bertujuan untuk menjaga  konservasi alam dan  mewujudkan lingkungan hidup yang ijo royo-royo, nyaman sejuk , bersih dan hijau.
     Ajakan itu disampaikan bupati pada acara gerakan kebersihan dan penghijauan tahun 2011  di halaman Kantor Perpustakaan Daerah  Kowangan Temanggung  Jumat (18/11). Acara tesebut ditandai dengan penanaman pohon oleh Bupati, Forum Komuikasi Pimpinan Daerah,  Pimpinan DPRD dan pejabat terkait.
     “Jadikan dan jagalah lingkungan kantor, sekolah, tempat tinggal agar tetap bersih dan hijau. Untuk lingkungan yang belum banyak tanamannya segeralah menanam dan selanjutnya dipelihara dengan baik. Oleh karena itu mulai sekarang kita harus rajin menanam dan rajin memelihara  berbagai jenis pepohonan. Dengan demikian akan tercipta  lingkungan alam  yang asri, sejak dan segar sehingga memberikan faedah yang besar bagi kehidupan“ tandasnya.
     Menurutnya dengan  upaya seperti itu, Insya Allah di tahun-tahun mendatang kota  Temanggung ini semakin terlihat bersih, hijau, tertib dan aman, sehingga menjadi kota yang nyaman dihuni sekaligus mudah mencari rejeki. Selain itu  penghargaan Adipura, syukur Adipura Kencana dapat diraih kembali . 
     Kepala Badan Lingkungan Hidup Andristi  menjelaskan, gerakan kebersihan dan penghijauan    dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak  akan pentingnya penananam dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan  agar terwujud lingkungan yang bersih, hijau  dan sehat. Untuk mensukseskan gerakan menanam pihaknya telah menyediakan bank pohon 200.000 batang  berbagai jenis tanaman seperti  glodogan pecut, trembesi, sengon, suren, pucuk merah dan buah-buahan. Tanaman tersebut merupakan sumbangan dan peran serta dari para pengusaha. Lokasi penanaman meliputi gumuk lintang, ruas jalan Tentara Genie Pelajar, jalan Gerilya, hutan gumuk Godeg, SMP N 2 Temanggung, Desa Lungge  dilanjutkan 19 Kelurahan  dan di 20 Kecamatan.
     “Gerakan kebersihan dan penghijauan    bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat khususnya genarasi muda supaya lebih peduli pada lingkungan. Menciptakan kota yang bersih, sejuk dan sehat. Diharapkan  gerakan ini ditindaklanjuti  dengan pemeliharaan sehingga tanaman tetap hidup dan membawa perbaikan lingkungan serta manfaat ekonomi” ujarnya.(Hms/ Edy Laks)

Berita Terkait