Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

ADVOKASI HAK-HAK ANAK

Rabu, 30 November 2011 Pendidikan
MASA DEPAN DITENTUKAN SAAT REMAJA

TEMANGGUNG, Berangkat dari keprihatinan karena semakin hari jumlah anak yang terlibat kasus kekerasan bertambah banyak, mulai dari kasus penganiayaan, pencabulan, pemerkosaan, pencurian dan narkoba. Women and Child Crisis Center (WCC) Kabupaten Temanggung menggelar Advokasi Pemenuhan Hak-Hak Anak di Graha Bhumi Phala Selasa (29/11) karena hal ini sangat  penting untuk dipahami semua anak-anak di Kabupaten Temanggung.
     Acara ini bertujuan agar anak-anak mengetahui hak-haknya dan cara mendapatkan haknya, memahami kewajibannya untuk menghormati orang tua, wali dan guru, mencintai keluarga, masyarakat, menyayangi teman, mencintai tanah air, bangsa dan Negara, menunaikan ibadah sesuai dengan ajaran agama dan melaksanakan etika dan akhlak yang mulai , kata Supangat, M.Ag, Ketua II WCC Kabupaten Temanggung.
     Dalam sambutannya, penasihat WCC, Drs. Djafar Muhtar, MM berpesan agar remaja menjadi pribadi yang baik yang bisa menjaga nama baik diri sendiri dan orang tua. Selain itu, juga harus waspada terhadap pengaruh dari lingkungan sekitar terutama hal-hal yang negativ.
     Djafar menambahkan dalam proses pencarian bentuk jati diri atau karakter remaja akan dihadapkan dengan berbagai hal. Maka pandai-pandailah memilih hal-hal yang baik, karena masa depan dimulai dan ditentukan saat remaja.
     Advokasi yang diikuti oleh siswa-siswi SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di Kabupaten Temanggung tersebut menghadirkan narasumber dari Polres Temanggung dan LSM Perisai dari Semarang. Menurut Kasat Reskrim, Iptu. Agung Setio, SH mengatakan bahwa  21 kasus yang terjadi di Temanggung melibatkan anak-anak. Mulai anak tersebut sebagai pelaku, korban dan saksi adri kasus KDRT, persetubuhan dan pencabulan
     Dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dicantumkan hak dan kewajiban anak, termasuk hak anak yang berhadapan dengan hukum, baik menjadi pelaku maupun korban. (Hms11/Des).

Berita Terkait