Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WARGA JANGAN TERPANCING ISU-ISU MENYESATKAN

Rabu, 14 Desember 2011 Bencana
Beredar Isu Menyesatkan Tentang Sundoro
WARGA YANG MENGUNGSI SEBAGIAN SUDAH KEMBALI

TEMANGGUNG, Beberapa warga di sekitar lereng Gunung Sundoro sempat panik karena beredar isu bahwa pada malam Selasa Kliwon ( 12/12) bersamaan dengan gerhana bulan akan terjadi letusan Gunung Sundoro. Namun sampai dengan hari tersebut tidak terjadi peristiwa apapun yang menyangkut Gunung Sundoro. Bahkan berdasarkan pantauan di Pos Pengamatan Gunung Sundoro-Sumbing Di Desa Gentingsari, Kecamatan Bansari, tidak terjadi peristiwa apapun yang menyangkut Sundoro.
     Seperti diberitakan sebelumnya bahwa beberapa warga Dusun Gondangan, Desa Watukumpul, Kecamatan Parakan telah mengungsi karena panik beredarnya isu akan terjadi letusan Gunung Sundoro. Kepala Dusun Gondangan, Sigit, membenarkan peristiwa pengungsian warganya. Ia mengatakan, ada sekitar 46 warga dari 15 KK yang telah mengungsi ke luar kampung. Umumnya mereka mengungsi ke tempat saudaranya.
     Sigit menceritakan, sebelumnya warga sangat panik karena beredar kabar bahwa Gunung Sundoro akan meletus pada hari Selasa Kliwon yang bertepatan dengan gerhana bulan. Selain itu warga juga mendengar berita dari internet yang mengabarkan bahwa aktifitas Gunung Sundoro semakin meningkat.
     “Kami sebenarnya sudah mencegah mereka agar untuk tetap tinggal dan tidak mempercayai isu yang tidak bertanggung jawab. Namun, nampaknya mereka sudah sangat ketakutan dan kami tidak bisa mencegahnya,” ungkapnya.
     Dari warga yang telah mengungsi, sambung Sigit, sebagian ikut keluarganya di Kecamatan Kranggan, Gemawang, Pringsurat, Kaloran dan Jumo. Sebagian lainnya ke luar daerah seperti Kabupaten Batang, Wonosobo, Magelang, bahkan ada yang  di Pasuruhan Jawa Timur. Namun dari jumlah itu, ada sebagian warga yang kebetulan ada kepentingan keluarga karena punya hajat. Dan sampai dengan berita ini diturunkan, sebagian warga sudah kembali ke rumah masing-masing.
     Bupati Temanggung, melalui Assisten Pemerintahan, Drs. Suharno, M.Si menghimbau, agar masyarakat tetap tenang tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang beredar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Masyarakat diminta untuk terus mengikuti informasi yang disampaikan oleh aparat pemerintah, baik kepala wilayah maupun dari instansi terkait.
     Sampai dengan saat ini, sambung Suharno, status Sundoro masih stabil dan belum ada pernyataan resmi dari pihak berwenang adanya peningkatan status Sundoro. Bagi masyarakat yang langsung memantau di lokasi Pos Pengamatan Gunung Sundoro-Sumbing Di Desa Gentingsari, untuk tidak mengembangkan opini sendiri-sendiri yang justru akan memperkeruh keadaan.
     “Pemerintah terus melakukan pemantauan melalui instansi terkait terhadap perkembangan status Gunung Sundoro. Sebaiknya masyarakat untuk tidak melakukan spekulasi sendiri-sendiri, namun tetap mengikuti perkembangan informasi melalui aparat setempat”, tandasnya.
     Pemerintah Kabupaten Temanggung terus melakukan langkah-langkah antisipatif yang menyangkut perkembangan dari status Gunung Sundoro. Beberapa aparat desa dan kecamatan telah melakukan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat agar tidak terpancing isu-isu yang menyesatkan. (Humas11).

Berita Terkait