Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

RAKOR MUI TEMANGGUNG

Kamis, 12 Januari 2012 Keagamaan
PEMBERIAN VAKSIN OPV DIPERBOLEHKAN

TEMANGGUNG, Pada umumnya masyarakat di Kabupaten Temanggung  belum tahu tentang penggunaan vaksinasi terhadap tubuh manusia menurut syariah Islam, oleh karena itu MUI Kabupaten Temanggung menyelenggarakan Rakor, Rabu (11/01) di aula  IPHI  Kabupaten Temanggung.
     Hadir dalam acara tersebut Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi, Ketua MUI Provinsi Jawa Tengah, Ketua MUI Kabupaten Temanggung, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Temanggung, Camat, Kandepag, SKPD terkait, serta pengurus MUI se-Kabupaten Temanggung.
     Menurut laporan Ketua Penyelenggara Drs. H. Muslich, MZ. M.Ag dalam rakor ini MUI akan membahas terkait informasi kemungkinan terjadinya irupsi Gunung Sindoro, dan masalah penggunaan Imunisasi dalam tubuh manusia menurut syariah Islam.
     Kegiatan ini berlangsung atas kerja sama MUI Temanggung dengan MUI Provinsi dan Dinkes Provinsi serta Kabupaten. Tujuannya untuk meluruskan pemahaman keliru dari masyarakat terhadap vaksinasi.
     Bupati Temanggung dalam sambutanya mengatakan, sebagian warga belum paham terhadap penggunaan vaksinasi polio. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan itu bisa memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap masyarakat.
     Hal senada diungkapkan Kepala Dinkes Provinsi Jawa Tengah, Prof. dr. Anung Subiyantono. Menurut Anung  perlu dilalukan pelurusan terhadap penggunaan Imunisasi tersebut, agar masyarakat memahami bahwa vaksinasi bukan sesuatu yang haram.
     Sedangkan dalam Fatwa MUI yang ditandatangani K.H. Ma’ruf Amin menetapkan bahwa pemberian vaksin OPV kepada seluruh balita pada saat ini diperbolehkan.(Hms12/Paul).


Berita Terkait