Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENINGGALAN ARKEOLOGI HARUS DIJAGA

Senin, 16 Januari 2012 Umum
PENINGGALAN ARKEOLOGI HARUS DIJAGA

TEMANGGUNG, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memiliki peninggalan arkeologi yang jumlahnya banyak dan beragam, sehingga perlu dijaga bersama karena merupakan jati diri bangsa yang berbudaya. Hal itu ditegaskan Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Provinsi Jawa Tengah, Zaimul Azzah dalam kunjungan kerjanya di Temangung baru-baru ini.
     Zaimul Azzah menyebutkan peninggalan arkeologi di Temanggung antara lain Candi Pringapus, Prasasti Gondosuli serta bangunan-bangunan peninggalan masa Islam dan kolonial. Disamping itu belum lama ini ditemukan sebuah candi di Situs Liyangan yang masih dalam taraf penelitian untuk mengungkap latar belakang arkeologisnya. Oleh karean itu pihaknya menyambut positif diselenggarakannya Pameran Arkeologis di Pendopo Pengayoman beberapa waktu lalu.
     "Kami berharap dengan terselenggaranya pameran dapat membuka wawasan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Temanggung untuk memiliki rasa 'handarbeni' dan memberikan aspirasi tinggi terhadap warisan budaya," katanya.
     Zaimul Azzah mengatakan pameran merupakan salah satu bentuk tugas dan fungsi bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat agar lebih memahami dan memberikan apresiasi terhadap nilai-nilai penting yang terkandung dalam benda-benda peninggalan purbakala. Dengan demikian dipahami bahwa sejak dahulu kala bangsa Indonesia telah mewariskan nilai-nilai luhur yang dapat diketahui dari puncak-puncak hasil budaya yang tercermin dari peninggalan arkeologis. Nilai-nilai luhur itu tetap ada sepanjang masa dan berguna sampai masa sekarang dan yang akan datang.
     Agar proses pewarisan dapat berjalan, usaha yang harus dilakukan adalah melestarikan peninggalan fisik yang berupa monumen (bangunan) maupun benda-benda temuan lepas. Nilai-nilai tersebut perlu digali terus menerus dan diwariskan kepada generasi muda", katanya. (Hms12/Edy Laks)

Berita Terkait