Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BANTUAN WIRAUSAHA

Selasa, 17 Januari 2012 Sosial
WARGA  MISKIN DIBANTU MODAL

TEMANGGUNG, Warga miskin di sejumlah desa di  6 Kecamatan  dibantu modal  usaha senilai Rp.57 juta  dari Pemkab Temanggung melalui Dinas Sosial. Bantuan tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan kegiatan wira usaha agar kesejahteraan warga miskin terangkat.
     Kepala Bidang Asistensi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Umi Lestari  dikantornya  kemarin menjelaskan, bantuan sebesar Rp.57 juta tersebut dibagikan kepada 37 keluarga fakir miskin di 4 desa meliputi Desa Kalibanger Kecamatan Gemawang, (7 KK),  Karangtejo Jumo, Tepusen Kaloran dan Baledu Kandangan masing-masing 10 KK. Selain itu juga dibagikan kepada sejumlah  Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) di Desa canggal Kecamatan Candiroto dan Simpar kecamatan Tretep.
     Menurutnya  penyaluran bantuan disalurkan langsung ke rekening masing-masing penerima. Dana tersebut  selanjutnya dimanfaatkan untuk mengembangkan  berbagai  kegiatan usaha ekonomi produktif  sekotor pertanian, peternakan dan industri pangan . Para penerima   selama ini sudah memiliki embrio usaha , sehingga dengan diterimanya bantuan tersebut usaha yang dijalankan semakin maju dan berkembang. Dengan demikian kesejahterannya meningkat tidak lagi menyandang predikat fakir miskin.
     “Agar bantuan yang disalurkan  bisa  efektif dan efisien, maka  para penerima diharapkan membuat kelompok usaha  supaya kuat. Selain itu  para penerima juga dilatih bagaimana berwira usaha yang baik  agar sukses  maju dan mandiri “, ujarnya.
     Diutarakan,  dipilihnya Kecamatan Tretep, Wonoboyo, Candiroto dan Kaloran  sebagai sasaran penerima bantuan  didasarkan pada pendapatan Perkapita  penduduk yang masih rendah. Di Kecamatan tersebut  pendapatan Perkapita penduduk berkisar  Rp.15.000/orang /hari. Sedang 15 Kecamatan lain pendapatan Perkapitanya  relatif lebih baik berkisar antara Rp.19.000 hingga Rp.26.000/ orang/hari. ( Hms12/ Edy Laks )

Berita Terkait