Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB GELAR PENGAJIAN MAULUD NABI

Senin, 06 Pebruari 2012 Keagamaan
TEMANGGUNG, Pemerintah kabupaten Temanggung menyelenggarakan pengajian peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW Jumat malam di Graha Bhumi Phala Komplek Setda Kab Temanggung. Pengajian diisi ceramah agama oleh Prof DR Abdul Jamil dari Kementrian Agama Jakarta dihadiri Bupati, FKPD,  pimpinan dewan Wakil Bupati  dan pejabat terkait serta alim uilama dari 20 Kecamatan.
     Abdul Jamil dalam ceramahnya mengatakan, melalui momentum peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW diharapkan umat Islam mampu memahami sejarah  perjuangan dan kepemimpinan Nabi  Muhammad. Dengan  demikian   bisa meneladani  sifat-sifat Nabi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Diutarakan salah satu sifat kepemimpinannya  yang paling mendasar bersikap ihsan yakni  percaya  bahwa setiap saat Allah SWT  mengawasi  setiap  apa yang dilakukan umat manusia. Dengan memiliki sikap ihsan tersebut  maka  segala tindakan yang dilakukan  pada  jalur yang benar sesuai ajaran agama.
     “Sikap ihsan  inilah yang sesungguhnya merupakan pengawasan melekat  bagi setiap  umat manusia  dalam bersikap dan bertindak  sehingga terkontrol  pada jalan kebenaran. Dengan memiliki sifat ihsan, kita  akan merasa bahwa setiap saat dekat dengan Allah SWT  dan takut berbuat jahat seperti korupsi dan perbuatan negative lainnya“, ujarnya seraya mengingatkan jika umat ingin selamat dunia akherat harus memegang teguh pada ajaran Alqur’an dan sunah Rosul. 
     Disamping itu  diharapkan umat Islam  dalam menjalani kehidupan di era reformasi  yang penuh dengan uforia kebebasan ini mengedepankan  rasa syukur dan sabar. Segala kenikmatan yang telah dianugerahkan Tuhan lanjutnya mesti disyukuri. Demikian pula segala cobaan yang datang mesti dihadapai dengan sabar dan tawakal. Dengan bersikap syukur dan sabar maka kehidupan akan terasa lapang  dan tidak stress.
     Bupati Hasyim Afandi dalam sambutannya  mengajak kepada segenap umat Islam bisa menteladani Kepemimpinan  Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan kebenaran dan nilai-nilai yang harus menjadi pedoman bagi umatnya. Dengan demikian manusia dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Selain itu  dengan memperingati Maulud Nabi, kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT terus  meningkat. Disisi lain memilki kepedulian sosial yang tinggi seperti  suka bersedekah  membantu fakir miskin dan menyantuni anak yatim.  (Hms12/Edy Laks).

Berita Terkait