Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MENANGKAP ASPIRASI DAN KEBUTUHAN MASYARAKAT

Rabu, 15 Pebruari 2012 Umum
TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi, selasa (14/2) kemarin membukaan Musrenbang di Kecamatan Bejen, Musren yang berlangsung di aula Kecamatan setempat  dihadiri Kepala Bappeda, SKPD terkait, Camat Jumo beserta muspika, pejabat terkait  dan diikuti para Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LPMD dan tokoh masyarakat.
     Bupati dalam sambutannya mengatakan Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tingkat Kecamatan  merupakan wadah sekaligus  proses perencanaan  pembangunan dari bawah. Sebagai sebuah proses  tahunan, Musrenbang   berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan  masyarakat sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan terkini.
     “Musrenbang merupakan wahana untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2013. Oleh karena itu  hendaknya dilaksanakan  dengan tertib, lancar, penuh kesungguhan sehingga menghasilkan usulan program kegiatan yang  realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan keinginan. Hal ini merupakan perpaduan antara  program yang bersifat top down dan buttom up ” harapnya.
     Dikemukakan juga, Musrenbang RKPD tingkat kecamatan  merupakan media perencanaan pembangunan bagi semua stakeholder dalam rangka  penyusunan RKPD tahun 2013. Sedang RKPD 2013 merupakan bahan utama  dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) yang selanjutnya  akan dijabarkan dalam RAPBD 2013.  Hasil-hasil yang dicapai dalam Musrenbang Kecamatan  lanjutnya, sesuai mekanisme yang ada masih akan dibahas dalam musyawarah  yang lebih tinggi yakni forum SKPD dan Musrenbang tingkat Kabupaten.(Hms12/Paul).

Berita Terkait