Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PRAMUKA, MENANAMKAN DISIPLIN SEJAK DINI

Senin, 12 Maret 2012 Pendidikan
TEMANGGUNG, Pesta siaga tingkat Kabupaten Temanggung tahun 2012  diikuti oleh 20 utusan Kwartir Gerakan Pramuka se-Kabupaten Temanggung. Pesta siaga dilaksanakan satu hari Sabtu (10/3) di Halaman SMP Negeri 6 Temanggung. Acara dibuka Ny. Lies Hasyim Afandi dan dihadiri FKPD serta SKPD terkait.
     Dalam sambutanya Ny. Lies Hasyim Afandi menyampaikan bahwa pesta siaga dilaksanakan untuk memberikan pengalaman dan ketrampilan di bidang kepramukaan yang telah diterima di gugus depan masing-masing. Pesta siaga juga sebagai sarana untuk menjalin persaudaraan, menambah teman, memperluas wawasan dan pengalaman baru. Selain itu, juga sebagai media untuk mengasah pengetahuan  dan ketrampilan kepramukaan, memupuk kekompakan, membentuk watak dan mental  yang kuat serta melatih sikap bakti pada masyarakat.
     Selanjutnya, dalam pesta siaga kali ini akan di laksanakan berbagai bentuk permainan edukatif, dimana setiap barung harus mengikuti kegiatan di kedai (pos) yang telah disetiapkan oleh panitia. Materi kegiatan yang di ujikan antara lain kemampuan memiliki Imam dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemampuan menunjukkan sikap kuat mental, emosional, tinggi moral, kepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur, kemampuan berusaha meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan, kemampuan berusaha meningkatkan ketrampilan, ketangkasan dan olah raga, kemampuan memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan untuk menambah Cinta Tanah Air dan Budaya Indonesia, serta kemampuan mengikuti dan menaati aturan kebiasaan untuk menumbuhkan kewajiban bakti kepada keluarga, masyarakat dan negara.
     Pesta siaga dilaksanakan diharapkan akan menumbuhkan genarasi muda yang beriman dan taqwa serta memiliki semangat disiplin yang tinggi, serta memilih generasi pramuka yang berprestasi. Kegiatan ini juga menanamkan sikap disiplin sejak dini, sehingga kedepan, diharapkan akan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.
     Tema pesta siaga kwartir Cabang Temanggung Tahun 2012  mengangkat tema “Disiplinm Berani, dan Mandiri”. Peserta pesta siaga yang berprestasi dalam ajang ini akan dikirim ke Pesta siaga Tingkat Karisidenan Kedu di Kebumen.(Hms12/Midjan/pakDhe)

Berita Terkait