Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMASYARAKATAN DAN REVITALISASI NILAI-NILAI PANCASILA

Kamis, 15 Maret 2012 Umum
TEMANGGUNG, Dalam menghadapi era Globalisasi saat ini diperlukan usaha pemaknaan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai Idiologi terbuka, sehingga tantangan dan ancaman akibat adanya globalisasi dapat diantisipasi dan dihindari. Pancasila sebagai idiologi bangsa didalamnya mengandung dimensi idealitas, realitas dan fleksibelitas yang masih relevan untuk dipertahankan dalam memerangi ancaman globalisasi.
     Hal tersebut diatas disampaikan oleh Wakil Bupati Ir. Budiarto, MT dalam rangka pembukaan kegiatan pemasyarakatan dan revitalisasi Nilai-nilai Pancasila dikalangan siswa dan pendidik. Acara dilaksanakan 1 (satu) hari di Omah Kebon Rabu (14/3) dengan peserta dari unsur siswa pondok pesantren, SMA/SMK/MAN dan unsur pendidik dari Kabupaten Temanggung.
     Ditambahkan, Kegiatan tersebut untuk mengantisipasi dampak negatif globalisasi agar tidak merusak generasi muda bangsa, serta penyelewengan tidak terjadi lagi. Dengan kegiatan ini berharap agar generasi muda di Temanggung dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai pancasila, sehingga baik kini maupun masa yang akan datang sudah terbentuk karakter pribadi penerus bangsa yang tidak goyah dan mudah rapuh oleh derasnya arus globalisasi.
     Acara yang diselenggarakan Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah ini dengan maksud untuk menciptakan kesamaan presepsi bagi masyarakat dan aparat pemerintah tentang pentingnya pemasyarakatan dan revitalisasi nilai-nilai pancasila khususnya bagi generasi muda dalam rangka pembangunan bangsa dan negara.
     Dilaporkan pula bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta untuk dapat mengamalkan nilai-nilai pancasila dan menjabarkan dalam kehidupan sehari-hari.
     Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah dan tannya jawab yang disampaikan oleh kalangan akademisi dan para praktisi antara lain Muchamad Yulianto, S.sos, Msi Dosen Fisip Undip, Drs. St. Sutikno, MS, Dandim 0706/Temanggung dan Kepala Kesbangpol Temanggung. (Hms12/Midjan/pakDhe)

Berita Terkait