Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MENJADI SEBUAH MEDIA PEMBELAJARAN YANG PENTING

Selasa, 20 Maret 2012 Umum
TEMANGGUNG, Sejumlah museum bekerja sama menggelar pameran di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung.
     Pameran yang akan berlangsung hingga 17 Maret 2012 bertema "Meniti Jejak Peradaban Jawa Tengah" tersebut dibuka oleh Bupati Temanggung,Drs. Hasyim Afandi, Selasa (12/03) di Pendopo pengayoman Kabupaten Temanggung.
     Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Temanggung Ir. Budiarto, MT, SKPD terkait, Camat dan Kepala Sekolah di Lingkungan Kabupaten Temanggung.
     Pameran bersama tersebut diikuti empat museum, yakni Museum Jawa Tengah Ranggawarsita, Museum Pers Nasional Surakarta, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, dan Museum Juang 45 Jakarta.
     Selain itu, juga diikuti Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, dan Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta.
     Ketua panitia penyelenggara yang juga Kepala Museum Ranggawarsita, Puji Johartono mengatakan kegiatan ini meruapakan pameran keliling pertama yang rencananya akan dilakukan di lima kabupaten/kota di Jateng, yakni Temanggung, Pekalongan, Brebes, dan Cilacap.
     "Satu daerah lagi akan dilakukan di daerah perbatasan Jateng di sebelah timur, kalau tidak di Sragen mungkin di Wonogiri," katanya.
     Kepala Museum Vredeburg Yogyakarta, Sri Ediningsih mengatakan kegiatan pameran bertujuan untuk mengenalkan museum pada masyarakat sehingga masyarakat tertarik berkunjung ke museum.
     "Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat akan mencintai museum dan tertarik untuk mengunjunginya," katanya.
     Sementara Bupati Temanggung dalam sambutannya, mengatakan, museum merupakan sebuah media pembelajaran yang sangat penting. Selain untuk mengetahui sejarah perjalanan bangsa ini, sekaligus untuk mengetahui  karakter bangsa ini seperti apa. Dengan melihat budaya, kita bisa mengetahui karakter kita seperti apa.  Cara memahami melalui budaya, efeknya sangat luar biasa.
     Jepang, yang saat ini menjadi sebuah negara sangat maju, menurutnya tak lepas dari semangat bushido yang merupakan warisan nenek moyang mereka. Semangat tersebut dimplementasikan di semua sektor kehidupan dan ternyata efeknya luar biasa serta mampu menjadikan negera tersebut demikian maju.(HMS12/Paul).

Berita Terkait