Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PELAJAR HIJAUKAN POSONG

Senin, 26 Maret 2012 Umum
TEMANGGUNG, Guna mewujudkan lingkungan yang hijau bersih dan sehat, 300 pelajar yang tergabung dalam Forum Siswa-Siswi Peduli Lingkungan Alam  Temanggung (FOSPLAT) mengadakan aksi penanaman massal 1000 pohon  suren, Minggu (25/3) di obyek wisata alam Posong Desa Tlahap, Kecamatan Kledung.
     Aksi sosial yang kali pertama dilaksanakan oleh FOSPLAT tersebut ditandai dengan penyerahan bibit tanaman oleh Asisten Administrasi Setda Kab Temanggung, Drs. Gunarso, MM kepada perwakilan pelajar dalam upacara pemberangkatan di halaman Pendopo pengayoman disaksikan Asper Perhutani wilayah Temanggung dan pejabat terkait. 
     Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi menyatakan menyambut positif inisiatif FOSPLAT yang peduli lingkungan dan berharap bibit pohon suren yang ditanam agar dirawat dan dipelihara dengan sebaik-baiknya agar tumbuh subur guna mengembalikan lingkungan yang rusak. Dikemukakan, kerusakan ingkungan apabila dibiarkan maka akan semakin parah dan berdampak buruk bagi kehidupan seperti menjadi penyebab banjir, longsor dan ketersediaan air menjadi kurang.
     Asper Perhutani, Juni Junaedi menjelaskan bahwa kondisi lahan di kabupaten Temanggung  sudah kritis. Berdasarkan data kondisi lahan kritis mencapai 10.894  hektar yang antara lain disebabkan penebangan liar . Agar tidak semakin parah lanjutnya perlu segera dilakukan reboisasi secara bertahap dan berkelanjutan. Oleh karena pihaknya salut atas prakarsa FOSPLAT mengadakan aksi  penanaman pohon guna memperbaiki kerusakan lingkungan.
     Pembina FOSPLAT Supriyadi, Spd mengatakan, inisiatif para pelajar melakukan gerakan penananam pohon hendakya bisa menjadi contoh pelajar lain agar mencintai ligkungan. Diutarakan lebih baik menanam satu pohon daripada 1000 kali bicara tentang lingkungan hidup. Dengan penanaman tersebut  akan tewujud  kondisi alam yang sejuk, sehat dan asri, lestari alamku, lestari Indonesiaku.
     Ketua panitia, Wahyu Joko Proyono pelajar SMK negeri 1 Temanggung menuturkan, aksi penanaman pohon  bertujuan memupuk rasa cinta terhadap lingkungan. Mendukung program pemerintah  untuk mewujudkan kawasan wana wisata posong yang  indah, sejuk dan nyaman. Selain itu untuk menambah wawasan  pelajar tentang edukasi penghijauan. Diutarakan FOSPLAT sebagai forum komunikasi dan harmonisasi pelajar peduli lingkungan alam Temanggung.
     Kedepan FOSPLAT akan terus berusaha melestarikan lingkungan alam  dengan membuat hutan baru agar tercipta hutan resapan sehingga sumber mata air tetap terjaga ujarnya  (HMS12/Edy Laks)

Berita Terkait